Proses Pembentukan Nagari Lubuk Gadang Barat, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan Menjadi Nagari Definitif Perspektif Siyasah Idariyah

Mubarak, M Husnul (2024) Proses Pembentukan Nagari Lubuk Gadang Barat, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan Menjadi Nagari Definitif Perspektif Siyasah Idariyah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah melihat lambatnya proses pembentukan Nagari Lubuk Gadang Barat menjadi Nagari definitif. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana proses pemekaran Nagari Lubuk Gadang Barat. Kedua, apa faktor pendukung dan penghambat pembentukan Nagari Lubuk Gadang Barat menjadi Nagari definitif. Ketiga, bagaimana analisis siyasah idariyah terhadap pembentukan Nagari Lubuk Gadang Barat menjadi Nagari definitif. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut penulis menggunakan penelitian lapangan (field Research) dengan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara. Sebagai metode utama dan analisis data menggunakan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpiulkan bahwa Pelaksanaan pembentukan Nagari Lubuk Gadang Barat menjadi Nagari definitif sudah sesuai memenuhi kriteria ataupun syarat untuk menjadi Nagari definitif serta pelaksanaan pendataan masyarakat yang terorganisir dan merata. Dalam prosesnya menjadi Nagari definitif, terdapat bebrapa faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung berupa seudah terpenuhinya ssyarat-syarat untuk menjadi Nagari definitif baik secara teknis maupun administrasi. Sedangkan untuk faktor penghambat proses Nagari Lubuk Gadang Barat menjadi Nagari definitif yaitu: pertama, faktor politik karena terjadi tiga kali peralihan kepemimpinan di kabupaten solok Selatan selama proses pembentukan menjadi Nagari definitif. Kedua, kurangnya sumberdaya manusia yang berkompeten dalam perangkat Nagari. Ketiga, data perbatasan wilayah belum lengkap. Analisis siyasah idariyah terhadap proses pembentukan Nagari Lubuk Gadang Barat menjadi Nagari definitif dapat dilihat dari objek kajian siyasah yang secara subtansial berkaitan dengan ketatanegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nagari definitif, otonomi daerah, siyasah idariyah
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Mar 2024 05:30
Last Modified: 30 Mar 2024 05:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/20019

Actions (login required)

View Item View Item