Penerapan Smart City Menurut Peraturan Bupati Solok Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Rencana Induk Smart City Kabupaten Solok Dalam Perspektif Maqasyid Al-Syari'ah (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok)

Aditya, Nadia (2024) Penerapan Smart City Menurut Peraturan Bupati Solok Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Rencana Induk Smart City Kabupaten Solok Dalam Perspektif Maqasyid Al-Syari'ah (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V_merged.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Text.)
FIle Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pertanyaan penelitian skripsi ini adalah (1). Bagaimana penerapan smart city menurut Peraturan Bupati Solok Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Rencana Induk Smart City Kabupaten Solok? (2). Bagaimana penerapan smart city menurut Peraturan Bupati Solok Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Rencana Induk Smart City Kabupaten Solok dalam perspektif Maqasyid Al-Syari'ah (studi kasus: Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok)? Untuk menjawab masalah dalam penelitian ini dilakukan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder diperoleh dengan cara penelusuran literatur. Setelah mendapatkan data yang diperoleh maka data tersebut dianalisis dengan metode deskriptif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan (1). Penerapan smart city menurut Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Induk Smart City Kabupaten Solok sudah berjalan dengan semaksimal mungkin ditandai dengan Kabupaten Solok telah menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Sumatera Barat yang mendapatkan penghargaan smart living dengan inovasi yang dikembangkan adalah wisuda imunisasi. Selain itu bentuk pelayanan publik berbasis smart city yang diselenggarakan pemerintah Kabupaten Solok adalah kegiatan penerbitan perizinan non-berusaha yang dikelola oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja yang telah menerapkan sistem informasi yang diberi nama aplikasi Sisfo Izin, Inovasi Pak Alipur, Semakin Sedap, Kak Tika, Sijarla, dan Predator. (2) Penerapan smart city dalam tata kelola pemerintahan Kabupaten Solok berbasis digitalisasi pelayanan publik ditinjau dari Maqashi Al-Syari'ah telah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang pelaksanaannya telah mampu mewujudkan kemaslahatan bagi masyarakat Kabupaten Solok dan dalam pembangunan pemerintahan Kabupaten Solok berbasis Smart city telah dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan tetap mengacu pada al-qur'an dan tidak mengacu pada pemikiran saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Smart City, Digitalisasi, Pelayanan Publik, Maqashid Al-Syari'ah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Mar 2024 02:47
Last Modified: 30 Mar 2024 02:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19997

Actions (login required)

View Item View Item