Kebiasaan Hidup Serumah Antara Mantan Suami dan Mantan Istri Tanpa Akad Nikah Baru Perspektif 'Urf (Studi Kasus Di Nagari Simpang Tonang Utara Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman)

Ikbal, Mhd (2024) Kebiasaan Hidup Serumah Antara Mantan Suami dan Mantan Istri Tanpa Akad Nikah Baru Perspektif 'Urf (Studi Kasus Di Nagari Simpang Tonang Utara Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
Cover-Daftar Isi Ikbal.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (BAB 1 IKBAL)
BAB I IKBAL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III IKBAL)
BAB III IKBALLL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V - DAFTA PUSTAKA)
Bab V- Daftar Pustaka IKBAL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (FULLTEKST IKBAL)
FULLTEKST SKRIPSI IKBAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penulisan Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya kebiasaan hidup serumah antara suami dan istri yang telah bercerai dan suami menikah lagi dengan istri kedua, ketika terjadi sengketa antara suami dan istri kedua tersebut suami kembali lagi ke istri pertama tinggal dalam satu rumah dan hidup seperti keluarga yang semula. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pandangan masyarakat terhadap kebiasaan hidup serumah antara mantan suami dan istri tanpa akad yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama menjelaskan bagaimana praktek terhadap kebiasaan hidup serumah antara mantan suami dan mantan istri tanpa akad yang baru ?. Kedua apa faktor Penyebab kebiasaan hidup serumah antara mantan suami dan mantan istri tanpa akad nikah yang baru ? . Ketiga bagaimana Perspektif ‘Urf terhadap kebiasaan hidup serumah antara mantan suami dan mantan istri tanpa akad yang baru?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif dengan sumber data primer dan berupa wawancara dan data sekunder berupa jurnal dan buku yang berkaitan. Hasil penelitian ini adalah .Pertama praktek kebiasaan hidup serumah tanpa akad baru ini dilakukan oleh mantan suami dan mantan istri yang telah resmi berpisah dan kembali lagi dalam satu rumah. Kedua faktor penyebab yang dominan dalam praktek kebiasaan serumah ini penulis melihat dari faktor,pendidikan dan pemahaman agama. Ketiga ditinjau dalam konteks ‘Urf, maka kebiasaan serumah antara mantan suami dan mantan istri tanpa akad baru ini masuk kepada kategori ‘Urf Fasid, karena kebiasaan tersebut bertentangan dengan ketentuan nash Al-Qur’an dan Hadist sebagai sumber hukum Islam Kata kunci: Perkawinan, Status Sosial, ‘Urf

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkawinan, Status Sosial, ‘Urf
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Mar 2024 02:45
Last Modified: 30 Mar 2024 02:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19985

Actions (login required)

View Item View Item