Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Syariah di Pantai Pasia Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam

Primadona, Primadona (2024) Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Pariwisata Syariah di Pantai Pasia Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar tabel)
cover- daftar tabel.pdf - Published Version

Download (781kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 PRIMA.pdf - Published Version

Download (718kB)
[img] Text (Bab 3)
PRIMADONA-2012040029-BAB III.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
Bab V - Dapus Primadona.pdf - Published Version

Download (741kB)
[img] Text (File Full Text)
File Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pariwisata menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dalam meningkatkan perekonomian di Sumatera Barat. Dalam mengembangkan pariwisata di Pantai Pasia Tiku yang berbasiskan syariah diperlukan adanya partisipasi masyarakat. Tanpa adanya partisipasi masyarakat maka pengembangan pariwisata tidak akan berjalan dengan baik, karena masyarakatlah yang lebih mengetahui apa yang diperlukan dan dibutuhkan dalam pengembangan pariwisata. Namun yang menjadi permasalahan dalam pengembangan pariwisata syariah adalah bagaimana partisipasi atau keterlibatan masyarakat tersebut dalam pengembangan pariwisata di Pantai Pasia Tiku. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam perencanaan, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan dan partisipasi masyarakat dalam pengambilan manfaat pengembangan pariwisata di Pantai Pasia Tiku, Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kualitatif deskriptif karena dianggap relevan untuk mendeskripsikan permasalahan yang terjadi di lapangan. Sumber data penelitian yang penulis gunakan adalah data primer yaitu masyarakat , tokoh masyarakat dan pengunjung Pantai Pasia Tiku. Data sekunder data pendukung yaitu buku, jurnal dan badan pusat statistik (BPS). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul penulis kemudian menganalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) partisipasi masyarakat dalam perencanaan pengembangan pariwisata Pantai Pasia Tiku masih terbatas, terlihat dari kurangnya keterlibatan masyarakat dari penyusunan rencana, pemberian sumbangan gagasan dan pengambilan keputusan, (2) partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pengembangan Pantai Pasia Tiku terbilang cukup aktif, bisa dilihat dari keikutsertaan masyarakat dan pemuda dalam setiap kegiatan yang diadakan di Pantai Pasia Tiku, (3) untuk partisipasi masyarakat dari segi pengambilan manfaat pengembangan Pantai Pasia Tiku cukup baik, hal ini terbukti dari bertambahnya perekonomian masyarakat dan keindahan pantai yang bisa dirasakan oleh semua kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Masyarakat, Pengembangan, Pariwisata, Pasia Tiku
Subjects: Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Interaksi Sosial, Psikologi Sosial > Partisipasi Sosial
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Interaksi Sosial, Psikologi Sosial
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 21 May 2024 08:35
Last Modified: 21 May 2024 08:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19964

Actions (login required)

View Item View Item