Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan Kontruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022)

Ardianis, Mella (2024) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate, dan Kontruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2022). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
Cover dan Daftar Isi Mella Ardianis Nim.2016040049.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Mella Ardianis Nim.2016040049.pdf - Published Version

Download (702kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Mella Ardianis Nim.2016040049.pdf - Published Version

Download (901kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
Bab V dan Dapus Mella Ardianis Nim.2016040049.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text Mella Ardianis Nim 2016040049.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor properti, real estate, dan kontruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Metode pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 58 perusahaan. Dengan analisis data statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, analisis regresi moderasi, dan uji hipotesis menggunakan Eviews-12. Hasil penelitian menunjukkan variabel ukuran perusahaan, likuiditas dan struktur modal berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel profitabilitas, ukuran perusahaan dan likuiditas secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan.Hasil penelitian menunjukkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel moderasi. Namun profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel moderasi. Variabel profitabilitas, ukuran perusahaan dan likuiditas secara silmultan berpengaruh dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan struktur modal sebagai variabel moderasi. Nilai koefisien determinasi nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas sebesar 78.06%, dan sisanya 21.94% ditentukan faktor lain diluar penelitian. Untuk nilai koefisien determinasi nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variabel profitabilitas, ukuran perusahaan, dan likuiditas yang dipengaruhi struktur modal sebagai variabel moderasi sebesar 79.25% sedangkan sisanya 20.75% ditentukan faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, Nilai Perusahaan, Stuktur Modal, dan Variabel Moderasi.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 29 Mar 2024 01:19
Last Modified: 29 Mar 2024 01:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19956

Actions (login required)

View Item View Item