Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Etno-STEAM Pada Alat Musik Redap Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik

Oktalianda, Mita (2024) Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Etno-STEAM Pada Alat Musik Redap Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI (3).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (448kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (2).pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (Skripsi Mita Oktalianda FullText)
SKRIPSI FULLTEXT MITA OKTALIANDA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika. Selain itu bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku cetak, LKS, sehingga cenderung membuat peserta didik bosan dan pasif. Kemudian tidak adanya bahan ajar yang menunjang peserta didik untuk bisa belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan bahan ajar berupa e-modul fisika berbasis Etno-STEAM pada alat musik redap dengan materi gelombang dan gelombang bunyi yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan pendekatan Research & Development (R&D). Model pengembangan adalah Plomp yang terdiri dari tiga tahap. Yaitu: penelitian pndahuluan (Preliminary research), fase pengembangan atau prototype (development of prototype phase), dan fase penilaian (Assesment phase). Instrumen yang digunakan dalam uji validitas E-Modul fisika diberikan 3 orang validator ahli dinilai aspek materi, konstruksi dan bahasa menggunakan angket validasi. Uji praktikalitas E-Modul diberikan kepada 1 orang pendidik Fisika dan 20 orang peserta didik kelas XI MIA SMAN 4 Mukomuko untuk melihat tingkat kepraktisan dengan menggunakan angket praktikalitas, sedangkan uji efektivitas berupa soal tes diberikan kepada 20 peserta didik untuk melihat keefektifan produk E-Modul fisika berbasis Etno-STEAM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul fisika berbasis Etno-STEAM sangat valid dengan skor rata-rata 89,95% dengan persentase uji kelayakan materi 85%, kelayakan bahasa 95%, dan kelayakan konstruksi 92,85%. Untuk uji praktikalitas dikategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 88,9% dimana praktikalitas oleh pendidik 93,3% dan peserta didik 84,5%. Tes efektivitas oleh peserta didik sebesar 82,5% dengan kategori sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-Modul Fisika berbasis Etno-STEAM pada alat musik redap terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dengan kriteria valid, praktis dan efektif untuk peserta didik SMA/MA. Kata kunci: E-Modul, Etno-STEAM, Alat Musik Redap, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Etno-STEAM, Alat Musik Redap, Berpikir Kritis dan Kreatif
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:40
Last Modified: 28 Mar 2024 07:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19919

Actions (login required)

View Item View Item