Marni, Zulis (2024) MEKANISME INSTAGRAM PERS MAHASISWA GENTA ANDALAS SEBAGAI MEDIA INFORMASI KAMPUS. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover-daftar isi)
COVER-daftar isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (505kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (248kB) |
|
Text
BAB V-Daftarpustaka.pdf - Published Version Download (690kB) |
|
Text (FullText-Zulis Marni-2012010063)
FullText-Zulis Marni-2012010063.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Pers Mahasiswa Genta Andalas, sebagai salah satu pers mahasiswa tertua di Sumatera Barat, yang memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi melalui media sosial, khususnya Instagram. Pers Mahasiswa Genta Andalas memegang peran penting sebagai salah satu sumber informasi bagi mahasiswa Universitas Andalas dengan jumlah pengikut yang mencapai 16 ribu di Instagram, jumlah yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pers mahasiswa lain di kota Padang. Meskipun demikian, interaksi dalam bentuk like dan komentar terhadap postingannya tidak sebanding dengan jumlah pengikutnya kecuali pada informasi viral dan kontroversial. Namun, penonton reels Instagram Pers Mahasiswa Genta Andalas mencapai ribuan hingga belasan ribu, menunjukkan minat yang besar terhadap konten yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mekanisme atau cara Instagram Pers Mahasiswa Genta Andalas sebagai salah satu sumber informasi kampus di Universitas Andalas. Penulis memanfaatkan teori 4C (context, communication, collaboration, connection) yang dikemukakan oleh Crish Heuer dengan mengadopsi pendekatan deskriptif kualitatif dengan data yang dikumpulkan melalui teknik snowball sampling yaitu teknik pengambilan sumber data yang pada awalnya jumlahnya sedikit kemudian menjadi membesar, pada penelitian ini menjadikan Pemimpin Umum Genta Andalas sebagai key informan yang akan merekomendasikan informan-informan lainnya. Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung di sekretariat UKPM Genta Andalas Universitas Andalas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan Instagram Genta Andalas secara umum mencerminkan konsep teori 4C dengan baik. Dalam konteks (context), penggunaan bahasa yang jelas dan sederhana membantu menyampaikan informasi dengan efektif kepada masyarakat. Dalam hal komunikasi (communication), beragam jenis konten seperti berita, featur, resensi, infografis, dan iklan disajikan melalui berbagai format seperti foto, video, dan ilustrasi di instastory, feed, dan reels, kemudian dalam merespon tanggapan pengikutnya Genta Andals cenderung melakukannya di DM Instagram. Kolaborasi (collaboration) dengan pihak eksternal dilakukan melalui media partner, open recruitment, dan iklan . Sedangkan dalam menjalin koneksi (connection) dengan pengikutnya, Genta Andalas melakukan komunikasi dua arah melalui pesan langsung (DM) Instagram dan menyelenggarakan sesi tanya jawab (Q&A) terkait dengan aktivitas Genta Andalas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mekanisme, instagram, media |
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 29 Mar 2024 03:12 |
Last Modified: | 29 Mar 2024 03:12 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19914 |
Actions (login required)
View Item |