Pelaksanaan Pembagian Harta Warisan Pada Pernikahan Antara Etnis Batak Mandailing dan Etnis Minangkabau (Studi Kasus di Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu)

Ramadhan, Rizky (2024) Pelaksanaan Pembagian Harta Warisan Pada Pernikahan Antara Etnis Batak Mandailing dan Etnis Minangkabau (Studi Kasus di Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
File Cover - Daftar Isi .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
File BAB I .pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
File BAB III .pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
File BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (Full Text)
File Full Text .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini; pertama, untuk mengetahui praktek pembagian harta warisan pada pernikahan antara etnis Batak Mandailing dan etnis Minangkabau di Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu. Kedua, untuk mengetahui tinjauan hukum kewarisan Islam mengenai praktek pembagian harta warisan pada pernikahan antara etnis Batak Mandailing dan etnis Minangkabau di Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa buku-buku, artikel, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; pertama, ditemukan bentuk pelaksanaan pembagian harta warisan dari pernikahan antara etnis Batak Mandailing dan etnis Minangkabau di Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu yaitu: kehendak bebas dalam pelaksanaan pembagian kewarisan, pembagian harta warisan menurut sistem waris adat, anak angkat mendapatkan bagian harta warisan dari orang tua angkatnya. Kedua, tinjauan hukum kewarisan Islam terhadap pelaksaan pembagian harta warisan pada pernikahan beda etnis antara etnis Batak Mandailing dan etnis Minangkabau di Desa Tanah Merah Kecamatan Siak Hulu melanggar asas-asas hukum kewarisan Islam dan secara umum tidak sesuai dengan apa yang digariskan dalam hukum kewarisan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan, Kewarisan, Etnis Batak Mandailing, Etnis Minangkabau
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Mar 2024 02:36
Last Modified: 30 Mar 2024 02:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19909

Actions (login required)

View Item View Item