Pengembangan E-Modul Berbasis Etno-STEM: Meriam Bambu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik

Yandi, Dahrul (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Etno-STEM: Meriam Bambu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover - Daftar Isi Dahrul Y.pdf - Published Version

Download (916kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (611kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text (BAB 5 - Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (502kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi FullText Dahrul Yandi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik yang rendah dalam pembelajaran Fisika. Belum tersedianya media belajar yang menunjang kegiatan belajar mandiri bagi peserta didik dan media belajar yang mendukung pembelajaran Fisika yang terintegerasi dengan kebudayaan lokal daerah peserta didik. Maka dari itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Etno-STEM:Meriam Bambu pada materi Gelombang Bunyi yang valid, praktis, dan efektif serta berdampak pada kemampuan berpikir kritis dan keatif peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research & Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu: Penellitian Pendahuluan (Preliminary Research), Pengembangan Prototipe (Development of prototype phase) dan Tahap Penilaian (Assesment Phase). Pada tahap penelitian pendahuluan dilakukan 2 tahap yaitu: analisis kebutuhan dan analisis literatur (analisis kurikulum dan analisis bahan ajar). Pada tahap pengembangan prototipe, dilakukan perancangan terhadap E-Modul berbasis Etno-STEM yang terlebih dahulu divalidasi oleh 3 orang ahli. Dari aspek kelayakan materi, bahasa dan konstruksi menggunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk di uji coba oleh 1 orang pendidik Fisika di SMAN 6 Padang dan 20 orang peserta didik kelas XI untuk melihat tingkat kepraktisan dengan menggunakan angket praktikalitas dan 20 orang peserta didik untuk melihat keefektifan E-Modul berbasis Etno-STEM: Meriam Bambu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis Etno-STEM sangat valid dengan skor rata-rata 89,5% dengan persentase uji kelayakan materi 86%, kelayakan bahasa 95%, dan kelayakan konstruksi 87,6%. Untuk uji praktikalitas dikategorikan sangat praktis dengan skor rata-rata 88,4% dimana praktikalitas oleh pendidik 93,33% dan peserta didik 83,5%. Tes efektivitas oleh peserta didik sebesar 86,82% dengan kategori sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Etno-STEM:Meriam Bambu terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik dengan kriteria valid, praktis dan efektif untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Kata kunci: E-Modul, Etno-STEM, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Etno-STEM, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 May 2024 07:26
Last Modified: 17 May 2024 07:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19892

Actions (login required)

View Item View Item