Mutiabi, Azima Fauzan Muhammad (2024) ETIKA KOMUNIKASI NETIZEN DALAM MERESPON INSTAGRAM MENURUT PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover)
fauzan_1912010042 Cover.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab I)
Fauzan_1912010042 BAB 1.pdf - Published Version Download (819kB) |
|
Text (Bab III)
Fauzan_1912010042 BAB 3.pdf - Published Version Download (391kB) |
|
Text (Bab V)
Fauzan_1912010042 BAB 5.pdf - Published Version Download (591kB) |
|
Text (Fulltext)
Fauzan_1812010042 Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Etika Komunikasi adalah tata susila terhadap semua sikap dan perilaku seseorang dalam berkomunikasi. Adapun etika komunikasi netizen yang teridentifikasi dalam merespon komentar diinstagram Lesti Kejora menurut perspektif Islam adalah etika komunikasi latitude of acceptance dan latitude of rejection. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah etika komunikasi netizen dalam merespon instagram Lesti Kejora menurut perspektif Islam. Namun, respon netizen terhadap konten dapat mencerminkan etika komunikasi yang perlu dievaluasi, terutama dalam konteks nilai – nilai Islam yang mencakup keadilan, kesopanan dan kebijaksanaan. Banyak netizen memberikan komentar tanpa etika, menggunakan bahasa kasar dan ucapan tidak pantas di ruang publik pada postingan Lesti Kejora tanggal 20 september 2022, seperti “najis terlalu rendah lo lesti”. Selain itu, netizen juga memberikan komentar positif dengan etika komunikasi yang baik dan sopan di Instagram, sesuai dengan nilai – nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika komunikasi penerimaan dan penolakan netizen dalam merespon instagram menurut perspektif Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini diperoleh dari data primer yaitu mengumpulkan data dengan melakukan pengumpulan komentar di instagram Lesti Kejora, analisis data dan interpretasi, sedangkan data sekunder yang diperoleh dari sumber literatur, media sosial, dokumen resmi, dan analisis konten. Teknik pengumpulan data diperoleh dari dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini membuktikan adanya etika penerimaan latitude of acceptance yang timbul di Instagram Lesti Kejora yaitu respon netizen yang bersifat positif dari kategori keluarga yaitu umroh dan aniversary perkawinan Lesti Kejora, enterteiment postingan lagu bukan cinta biasa dan lagu arsy – mu, iklan yaitu mercedes bend dan nobby. Sedangkan penolakan latitude of rejection yang timbul di Instagram Lesti Kejora yaitu respon yang bersifat negatif dalam merespon postingan Instagram Lesti Kejora kategori keluarga yaitu anak Lesti sakit dan liburan nonton bola keluarga lesti kejora, entertaiment, acara televisi kilau 3 tahun cinta leslar dan live streaming youtube musik jauh dari sempurna, iklan, purnama beauty dan purnama beauty lip & cheek cream.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Komunikasi Netizen dalam Merespon Instagram menurut Perspektif Islam” |
Subjects: | U Umum (General) > Ilmu Terapan U Umum (General) Psicology Teology Religion > B Philosophy (General) J Political Science > JC Political theory |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 29 Mar 2024 04:00 |
Last Modified: | 29 Mar 2024 04:00 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19888 |
Actions (login required)
View Item |