Peningkatan Ekonomi Perempuan Melalui Peternakan Itik di Kenagarian Bukik Kaciak Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan

Lizindia, Tike (2024) Peningkatan Ekonomi Perempuan Melalui Peternakan Itik di Kenagarian Bukik Kaciak Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-daftar isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Bab V-Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text
Skripsi Full Text-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, pemungkinan potensi perempuan Kenagarian Bukik Kaciak dalam melakukan peningkatan ekonomi melalui beternak itik, kedua mendeskripsikan bagaimana penguatan kemampuan yang dimiliki perempuan Kenagarian Bukik Kaciak, dalam melakukan peningkatan ekonomi melalui beternak itik, ketiga mengetahui penyokongan kepada perempuan Kenagarian Bukik Kaciak, dalam melakukan peningkatan ekonomi melalui beternak itik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang menggambarkan dan mengumpulkan informasi mengenai objek diteliti sebagaimana adanya sesuai kata yang diperoleh di lapangan. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT), Pemerintahan Nagari, serta peternak itik yang terlibat di dalamnya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. pertama, pemungkinan potensi perempuan Kenagarian Bukik Kaciak dalam melakukan peningkatan ekonomi melalui beternak itik oleh Pemerintahan Nagari memberikan penyadaran kepada peternak itik mendatangi dan mengajak peternak itik untuk diberikan pencerahan dan motivasi, dan meyakinkan peternak itik bahwa melalui peningkatan ekonomi beternak itik dapat memperoleh keuntungan ekonomi, kedua penguatan yang dilakukan terhadap peternak itik Kenagarian Bukik Kaciak, adalah pelatihan-pelatihan dan penyuluhan yang dilakukan Pemerintahan Nagari kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk perkembangan dalam menumbuh-kembangkan kemampuan masyarakat, dengan penguatan yang dilakukan peternak itik dapat menambah ilmu dan bisa menerapkannya, ketiga penyokongan kepada peternak itik Kenagarian Bukik Kaciak adalah memberikan bimbingan dan dukungan agar masyarakat mampu menjalankan perannya dan tugas-tugasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Ekonomi, Peternak Itik
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 29 Mar 2024 03:35
Last Modified: 29 Mar 2024 03:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19865

Actions (login required)

View Item View Item