Strategi Bertahan Pedagang Gorengan dalam Menghadapi Kenaikan Harga Minyak Goreng di Kota Padang

Ayunda, Fatwa (2024) Strategi Bertahan Pedagang Gorengan dalam Menghadapi Kenaikan Harga Minyak Goreng di Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Fatwa Ayunda.Nim 2016010051. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Fatwa Ayunda. NIM 2016010051. Bab 1.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Bab 3)
Fatwa Ayunda. NIM 2016010051. Bab 3.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Bab 5 dan Daftar Pustaka)
Fatwa Ayunda. NIM 2016010051. Bab 5 dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (Full Text)
Fatwa Ayunda.Nim 2016010051.Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi-strategi yang diterapkan oleh pedagang gorengan di Kota Padang dalam menghadapi kenaikan harga minyak goreng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi di lapangan. Berdasarkan penelitian lapangan, kenaikan harga minyak goreng berdampak signifikan pada usaha pedagang gorengan. Peningkatan biaya produksi sulit dipertahankan, menyebabkan kesulitan dalam mempertahankan keuntungan usaha. Pedagang gorengan menggunakan pendekatan beragam dan adaptif untuk mengatasi tantangan ekonomi, mencerminkan kreativitas dan ketangguhan mereka di pasar yang fluktuatif. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa, penelitian ini mengidentifikasi tiga kategori strategi bertahan pedagang gorengan di Kota Padang dalam menghadapi kenaikan harga minyak goreng. Strategi aktif yang dipilih oleh pedagang gorengan dalam menjaga keberlangsungan usahanya yaitu dengan menaikkan harga jual gorengan mereka. Strategi pasif dilakukan dengan mengurangi biaya bahan baku, meminimalkan penggunaan minyak goreng, menyesuaikan ukuran produk, dan mengatur porsi penjualan. Sedangkan strategi jaringan yang dipilih oleh pedagang gorengan yaitu dengan memanfaatkan hubungan sosial untuk mendukung bisnis mereka dengan melibatkan kerjasama dengan pemasok minyak goreng untuk memperoleh harga yang lebih murah. Secara keseluruhan, strategi-strategi ini membantu pedagang gorengan tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang di tengah tantangan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi bertahan, kenaikan harga minyak goreng.
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 27 Mar 2024 15:43
Last Modified: 27 Mar 2024 15:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19855

Actions (login required)

View Item View Item