Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh

Fikri, Resa Sofia (2024) Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Resa Sofia Fikri. NIM 2014010105. Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (851kB)
[img] Text (Bab I)
Resa Sofia Fikri. NIM 2014010105. Bab 1.pdf - Published Version

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
Resa Sofia Fikri. NIM 2014010105. Bab 3.pdf - Published Version

Download (442kB)
[img] Text (BAB V)
Resa Sofia Fikri. NIM 2014010105. Bab 5-Dapus.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Fulltext)
Resa Sofia Fikri. NIM 2014010105. Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa minat baca peserta didik MTsN 1 Kota Payakumbuh saat ini yang masih terlihat kurang, dibuktikan dengan kunjungan ke perpustakaan yang tergolong rendah. Peserta didik lebih disibukkan dengan hal lainnya daripada membaca buku. Selain itu hasil belajar peserta didik kelas VIII pada penilaian Sumatif Akhir Semester (SAS) ganjil mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam masih terbilang kurang memuaskan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk meneliti mengenai pengaruh minat baca terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh yang berjumlah 344 orang peserta didik, sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil berjumlah 25% dari total populasi yaitu sebanyak 86 orang peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket minat baca dan dokumentasi hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik. Selanjutnya data yang sudah dikumpulkan diolah dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Payakumbuh memiliki rata-rata 80,92 yang termasuk dalam kategori baik, begitupun hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang memiliki rata-rata 74,52 yang tergolong baik. Dari uji t yang dilakukan didapatkan nilai t hitung > t tabel yaitu sebesar 5,06 > 1,989 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik. Besarnya pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dapat diketahui dari nilai koefisien determinasi sebesar 0,23 artinya minat baca dapat mempengaruhi hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam sebesar 23%, sedangkan 77% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Minat Baca, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Motivasi Belajar, Dorongan Belajar, Motivasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:52
Last Modified: 28 Mar 2024 05:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19839

Actions (login required)

View Item View Item