Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Usaha Dakak-Dakak di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar

Ulkhair, Nisa (2024) Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Usaha Dakak-Dakak di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Bab 1)
Nisa ulkhair_1912040027_BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Cover dll)
Nisa Ulkhair_1912040027_cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 3)
Nisa Ulkhair_1912040027_ Bab 3.pdf - Published Version

Download (721kB)
[img] Text (Bab 5)
Nisa Ulkhair_1912040027_BAB V dan daftar pustka.pdf - Published Version

Download (771kB)
[img] Text (Full Text)
Nisa ulkhair_1912040027_Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan usaha dakak-dakak sebagai bentuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Usaha dakak-dakak merupakan makanan tradisional yang bertahan di tengah persaingan dengan makanan luar daerah atau makanan modern dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan kehidupan keluarga maupun masyarakat. Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kesejahteraan objektif masyarakat melalui usaha dakak-dakak. Kedua untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kesejahteraan subjektif masyarakat melalui usaha dakak-dakak di Nagari Tabek Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi dan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapat informan dari pengelola dan beberapa anggota usaha dakak-dakak yang telah lama menjadi penyelenggara atau pengrajin makanan dakak-dakak di nagari Tabek. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah dengan mendisplay data, mereduksi data, setelah itu penyajian data, dan analisis data barulah dapat disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kesejahteraan melalui usaha dakak-dakak di nagari Tabek, Pertama tingkat kesejahteraan objektif dapat dilihat dari pendapatan dan pembangunan masyarakat terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan, papan, pendidikan, dan kesehatan di dalam keluarga. Kesejahteraan objektif menggambarkan kondisi kehidupan dan kualitas hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan individu dan keluarga. Kedua tingkat kesejahteraan subjektif dapat dilihat dari evaluasi kehidupan untuk masa yang akan datang dan kepuasan hidup yang dijalani, subjektif menjadikan tolok ukur bagi masyarakat untuk menacapai tingkat kesejahteraan seperti keinginan individu yang belum didapatkan dan akan dipenuhi dalam kehidupan yang akan datang guna meningkatkan kesejahteraan hidup yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kesejahteraan dan usaha dakak-dakak
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Interaksi Sosial, Psikologi Sosial > Partisipasi Sosial
Tajuk Subjek > Ilmu Sosial > Interaksi Sosial, Psikologi Sosial
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 21 May 2024 07:46
Last Modified: 21 May 2024 07:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19829

Actions (login required)

View Item View Item