Persepsi siswa terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran IPS pada kelas VII SMPN 02 Linggo Sari Baganti

Rabiah, Yahyani (2024) Persepsi siswa terhadap Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran IPS pada kelas VII SMPN 02 Linggo Sari Baganti. Skripsi thesis, Uin Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
COVER (2).pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1-1.pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V.pdf - Published Version

Download (477kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULL YAHYANI RABIAH 1914090053.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran IPS di SMPN 02 Linggo Sari Baganti, yang mana dengan Kurikulum Merdeka memberikan upaya supaya siswa menjadi semangat dan kreatif dalam belajar karna dengan menggunakan kurikulum merdeka siswa diberikan kemerdekaan dalam belajar maka dari itu harapan dari kurikulum merdeka menghadirkan siswa kreatif, inovatif dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi atau pandangan siswa mengenai kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPS berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan.Metode yang digunakan adalah metode kualitatif.Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu siswa, guru mata pelajaran IPS, wakil kurikulum dan kepada SMssssssssssPN 02 Lnggo Sari Baganti, dan data sekunder yaitu dokumen-dokumen yang terkaid dengan fokus penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukan: 1). Persepsi siswa terhadap kurikulum merdeka belajar sangatlah baik dalam membantu proses belajar, dengan kurikulum merdeka siswa bisa lebih berekspresi dalam berfikir dan lebih kreatif dalam belajar, dimulai dari siswa hanya berpatokan kepada guru saja sekarang siswa bisa lebih leluasa dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. 2). pandangan siswa tentang materi pembelajaran IPS sangatlah menyenangkan dimana tergantung guru yang mengajar dikelas tersebut apakah guru tersebut bisa membuat siswa menjadi nyaman di kelas atau bukan. 3). Pandangan siswa tentang Strategi pembelajaran IPS menggunakan kurikulum merdeka masih kurang, karena masih banyak guru yang belum menggunakan sistem kurikulum merdeka seperti masih berpatokan pada sistem kurikulum sebelumnya, dan akhirnya siswa banyak yang tidak suka dengan pembelajaran IPS, dan mereka sering merakan lesuh dan mengantuk pada saat proses pembelajaran berlangsung. Kata kunci: persepsi siswa, strategi guru, hambatan dalam menggunakan kurikulum merdeka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, strategi guru, hambatan dalam menggunakan kurikulum merdeka.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:26
Last Modified: 28 Mar 2024 05:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19811

Actions (login required)

View Item View Item