Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Masyarakat Terhadap Keputusan Menggunakan Bank Syariah (Studi Kasus di Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto)

Monisyah, Nadya (2024) Pengaruh Persepsi Dan Preferensi Masyarakat Terhadap Keputusan Menggunakan Bank Syariah (Studi Kasus di Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (410kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (537kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (FULL TEXT - NADYA MONISYAH - 1916050015)
SKRIPSI FULL TEXT NADYA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karna terdapat fenomena yang terjadi mengenai sudut pandang masyarakat tentang Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh persepsi dan preferensi terhadap keputusan masyarakat menggunakan Bank Syariah, dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik penyebaran kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Talago Gunung yang berjumlah 1.814 jiwa. Sampel yang digunakan sebagai subjek dalam penelitian ini sejumlah 100 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat bantu SPSS versi 23 dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Pada hasil uji R Square menyatakan bahwa persepsi dan preferensi mempengaruhi keputusan menggunakan Bank Syariah sebesar 59%, sedangkan sisa 41% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutkan dalam penelitian ini. Hasil uji pada penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dan preferensi berpengaruh signifikan terhdap keputusan menggunakan Bank Syariah. Persepsi masyarakat akan muncul ketika mencari tahu tentang Bank Syariah. Baik tentang sistem, produk ataupun akad-akad nya. Masyarakat biasanya mencari tahu informasi melalui media sosial, iklan ataupun melalui rekan atau saudara. Setelah masyarakat tahu, timbulah preferensi masyarakat. Hal itu karena masyarakat merasa tertarik dengan Bank Syariah dan memutuskan menggunakan Bank Syariah setelah mengetahui apa saja tentang Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Preferensi, Keputusan
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 27 Mar 2024 16:21
Last Modified: 27 Mar 2024 16:22
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19739

Actions (login required)

View Item View Item