Jual Beli Knalpot Racing Ditinjau dari al-Maslahah (Studi Kasus Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat)

Harmala, Saripah (2024) Jual Beli Knalpot Racing Ditinjau dari al-Maslahah (Studi Kasus Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover-Daftar isi Saripah Harmala 1913040003.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 saripah harmala.pdf - Published Version

Download (663kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III saripah harmala.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka Saripah Harmala 1913040003.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext Saripah Harmala 1913040003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kasus yang terjadi Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat melakukan praktek jual beli knalpot racing (yang tidak sesuai dengan) adalah: 1. Bagaimana praktek jual beli knalpot racing di Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat? 2. Bagaimana tinjauan Al-Maslahah terhadap jual beli knalpot racing di Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengumpulkan data dan informasi langsung berupa wawancara dan dokumentasi. Data primer yang bersumber dari penjual knalpot racing, pengguna knalpot racing dan mekanik. Data skunder bersumber dari buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Tekhnik analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini: 1. Praktek jual beli knalpot racing di Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dilakukan dengan transaksi secara langsung, yaitu pembeli langsung menerima barang ketika sampai di toko. Akan tetapi banyak juga yang melakukan dengan sistem pemesanan dengan alasan stok tipe barang tidak ready di toko. Untuk tipe knalpot racing ini sendiri bermacam merek dan berbagai harga knalpot mulai dari harga Rp. 200.000 an sampai Rp. 1.250.000 dan ada juga pemesanan secara indent dengan memberikan uang muka 50.000 menunggu sekitar paling lama satu minggu. 2. Pandangan maslahah terhadap jual beli knalpot racing hukumnya sah bagi pembalap jika di gunakan di tempat tertentu seperti sirkuit. Melanggar lalu lintas termasuk perbuatan yang dilarang dalam Islam karena menyebabkan kemudharatan terhadap manusia, dan sudah di atur dalam undang undang no.22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pasal 48 ayat 3b. guna untuk ketertiban laik jalan. Kata Kunci: Jual Beli dan Al-Maslahah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli dan Al-Maslahah
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 30 Mar 2024 05:09
Last Modified: 30 Mar 2024 05:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19726

Actions (login required)

View Item View Item