Sistem Pendukung Keputusan (Spk) Pemilihan Jurusan Pada SMK Merpati Nusantara Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw)

Nasution, Mariani (2024) Sistem Pendukung Keputusan (Spk) Pemilihan Jurusan Pada SMK Merpati Nusantara Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Mariani Nasution NIM 1917020023 Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
Mariani Nasution NIM 1917020023 BAB I.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB III)
Mariani Nasution NIM 1917020023 BAB III.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Mariani Nasution NIM 1917020023 BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (459kB)
[img] Text (Full Text)
Mariani Nasution NIM 1917020023 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Banyak siswa yang kebingungan dalam memilih jurusan bahkan tidak banyak dari mereka yang salah memilih jurusan hanya karena terpengaruh oleh teman atau bahkan karena pilihan orang tua. Proses pemilihan jurusan di SMK Merpati Nusantara saat ini berdasarkan testertulis yang dilakukan oleh pihak sekolah. Namun, dalam pelaksaannya sering terjadi keadaan dimana jurusan yang ditentukan oleh sekolah tidak sesuai dengan kemampuan siswa. Dalam penelitian ini dirancang sebuah “Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Jurusan pada SMK Merpati Nusantara Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)” yang bertujuan untuk membantu siswa dalam merekomendasikan jurusan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan seperti nilai rata-rata UNBK, nilai Tes Tertulis, dam Minat, SPK ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan pemilihan jurusan di SMK Merpati Nusantara dan membantu para siswa agar tidak mengalami kesulitan dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan minat mereka. Dalam pengimplementasiannya telah dihasilkan sebuah aplikasi sistem pemilihan jurusan di SMK dengan menggunakan metode SAW berbasis web dengan menerapkan kriteria nilai rata-rata UNBK, nilai tes tertulis, dan minat, dan telah diuji menggunakan pengujian black box menghasilkan sistem yang berfugnsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Simple Additive Weighting (SAW), Waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ruang Baca FST
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:00
Last Modified: 28 Mar 2024 03:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19720

Actions (login required)

View Item View Item