Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Solok

Hasanah, Haswatul (2024) Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Caver)
Cover dan Daftar Isi 1914090012.pdf - Published Version

Download (924kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I 1914090012.pdf - Updated Version

Download (203kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III 1914090012.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V 1914090012.pdf - Published Version

Download (134kB)
[img] Text (Full Skripsi)
SKRIPSI 1914090012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII hal ini disebabkan pelakasanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R). Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan hasil belajar pre-test dan post-test dengan menggunakan metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII MTsN 1 Solok. (2) Mendeskripsikan hasil belajar pre-test dan post-test yang tidak menggunakan metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII MTsN 1 Solok.(3) Mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) dengan yang tidak menggunakan metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 solok. Jenis peneltian ini adalah quasi eksperimen, dengan penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTsN 1 Solok Tahun Ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Berdasarkan teknik pengambilan sampel diperoleh kelas VIII.D sebagai kelas eksperimen dan VIII.C sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam menguji hipotesis menggunakan uji-t independent sample karna data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Solok yaitu berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan Software SPSS 20 maka diperoleh sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,002 artinya 0,002 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar IPS kelas eksperimen dan kelas control. Semakin tinggi pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) yang digunakan maka semakin meningkat hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode SQ3R terhadap peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Solok. Kata kunci: Metode pembelajaran, Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R), dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R), dan Hasil Belajar.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran Tertentu, Metode Pengajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:45
Last Modified: 28 Mar 2024 02:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19705

Actions (login required)

View Item View Item