Pengaruh Model Decision Making terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dalam Pembelajaran IPS Peserta Didik di SMPN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok

Darwinda, Sri Rahmi (2024) Pengaruh Model Decision Making terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dalam Pembelajaran IPS Peserta Didik di SMPN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I 1914090038.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III 1914090038.pdf - Published Version

Download (475kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_DaftrPustka 1914090038.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (Full 1914090038)
Full Sripsi 1914090038.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang masih kurang memperhatikan guru, kurang aktif, kurang mampu menyampaikan pendapat, masih kurang kritis dalam membuat keputusan dan mencari solusi untuk mengatasi permasalahan yang dikemukakan dalam materi pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPS menggunakan model decision making. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional, (2) Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model decision making, (3) Untuk mengetahui pengaruh model decision making terhadap kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran IPS peserta didik di SMPN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis Quasi Eksperimental Design, dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX SMPN 2 Gunung Talang Tahun Ajaran 2023/2024, dengan sampel penelitian kelas IX A sebagai kelas kontrol, IX B sebagai kelas eksperimen. Teknik dalam menguji hipotesis menggunakan uji-t independent sampel dengan program IBM SPSS 26. Berdasarkan klasifikasi hasil post-test kelas kontrol dengan model konvensional pada mata pelajaran IPS didapatkan rata-rata kemampuan berfikir kritis peserta didik sebesar 154,03, dan kelas eksperimen dengan model decision making pada mata pelajaran IPS didapatkan rata-rata sebesar 165,66. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan program IBS SPSS 26 didapatkan hasil analisi data yakni sig (2-tailed) sebesar 0,002 sebagai t hitung, kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan tingkat signifikan 0,05, yakni t_tabel < t_hitung (t tabel kecil dari t hitung). Hasil data yang didapatkan adalah 0,002 < 0,05 (0,002 kecil dari 0,05) artinya terdapat pengaruh model decision making terhadap kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran IPS peserta didik di SMPN 2 Gunung Talang Kabupaten Solok. Kata kunci: Model Pembelajran, Decision Making, dan Kemampuan Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajran, Decision Making, dan Kemampuan Berfikir Kritis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:48
Last Modified: 28 Mar 2024 02:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19699

Actions (login required)

View Item View Item