Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Pada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang Berbasis Self Service

Anggraini, Evdela Kurnia (2024) Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Pada Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang Berbasis Self Service. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Evdela Kurnia Anggraini NIM 1917020002 Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
Evdela Kurnia Anggraini NIM 1917020002 BAB I.pdf - Published Version

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
Evdela Kurnia Anggraini NIM 1917020002 BAB III.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Evdela Kurnia Anggraini NIM 1917020002 BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Full Text)
Evdela Kurnia Anggraini NIM 1917020002 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Peningkatan layanan perpustakaan menjadi isu penting ketika pengguna perpustakaan merasa tidak puas karena kebutuhan informasi mereka tidak terpenuhi karena pengolahan bahan perpustakaan belum optimal. Perpustakaan pada Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Imam Bonjol Padang beroperasi selama proses perkuliahan aktif dari hari Senin sampai Jumat, dan ada sebanyak 10 sampai 20 jumlah mahasiswa yang mengunjungi perpustakaan setiap harinya dari berbagai tujuan. Namun, hanya ada satu petugas yang mengatur semuanya, mulai dari mencatat jumlah buku baru, mengelompokkannya ke dalam rak, mencatat peminjaman dan pengembalian buku, membuat laporan bulanan, membuat dan menempelkan kode buku, melakukan pelayanan, hingga merapikan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi perpustakaan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) berbasis self service untuk membantu mengoptimalkan pelayanan yang akan memudahkan perkerjaan petugas serta membantu mahasiswa dalam melakukan peminjaman, perpanjangan dan pengembalian buku dengan mandiri. Jenis metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Sedangkan Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode waterfall dan alat bantu perancangan sistem yang di gunakan adalah Unified Modeling Language (UML) serta Pengujian sistem menggunakan Black box Testing. Sistem informasi perpustakaan self service ini merupakan solusi inovatif yang memungkinkan anggota dan petugas perpustakaan untuk mengakses layanan perpustakaan secara mandiri. Dengan fitur-fitur seperti presensi, pencarian, peminjaman, pengembalian, dan perpanjangan buku yang dapat diakses melalui scan QR Code, sistem ini memungkinkan efisiensi dalam pengelolaan perpustakaan. Pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik dan fitur-fiturnya berfungsi sesuai dengan fungsinya. Kesimpulannya, sistem informasi perpustakaan self service dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan efisiensi operasional perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Sistem Informasi, Self Service, QR Code, Waterfall, UML, Black Box Testing, R&D.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ruang Baca FST
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:00
Last Modified: 28 Mar 2024 02:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19686

Actions (login required)

View Item View Item