HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA ANGGOTA SENAM PERNAFASAN MAHATMA DEWASA MADYA DI KABUPATEN DHARMASRAY

Putri, Nur Widya (2024) HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA ANGGOTA SENAM PERNAFASAN MAHATMA DEWASA MADYA DI KABUPATEN DHARMASRAY. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTA ISI)
COVER-DAFTAR ISI PUTRI.pdf - Published Version

Download (582kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PUTRI.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III PUTRI.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
BAB V- DAPUS PUTRI.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEX PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan memahami Hubungan Religiusitas dengan Penyesuaian Diri pada anggota Senam Pernafasan Mahatma Dewasa Madya di Kabupaten Dharmasraya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala religiusitas yang berjumah 27 aitem dan skala penyesuaian diri berjumlah 23 aitem yang sudah di uji validitas dan relibilitasnya. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 218 anggota. Teknik sampling yang digunakan adalah simple randomized sampling dengan sampel sebanyak 141 anggota. Berdasarkan hasil kategorisasi didapatkan hasil bahwa tingkat religiusitas dan penyesuaian diri tergolong rendah. sesuai dengan hasil penelitian berdasarkan nilai pearson correlation variabel religiusitas dan penyesuaian diri sebesar 0.509 dengan signifikansi 0.001. berdasarkan dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan antara variabel religiusitas dengan penyesuian diri, artinya semakin rendah religiusitas pada anggota mahatma dewasa madya maka semakin rendah pula tingkat penyesuaian diri anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Penyesuain Diri
Subjects: U Umum (General) > Agama > Agama Islam
U Umum (General) > Agama
U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 29 Mar 2024 01:31
Last Modified: 29 Mar 2024 01:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19685

Actions (login required)

View Item View Item