Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sungai Limau

Maulida, Lona (2024) Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sungai Limau. Masters thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (FULL TEXT)
Lona Maulida NIM. 2120010025. Fulltex.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
Lona Maulida NIM. 2120010025. Cover dan daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Lona Maulida. NIM. 2120010025. BAB 1.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text (BAB III)
Lona Maulida NIM. 2120010025. BAB III.pdf - Published Version

Download (940kB)
[img] Text (BAB V)
Lona Maulida NIM. 2120010025. BAB V.pdf - Published Version

Download (350kB)

Abstract

ABSTRAK Lona Maulida, NIM. 2120010025. Tesis: “Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sungai Limau”, Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2024. Guru sebagai orang yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap pendidikan peserta didik di sekolah minimal harus memiliki dasar-dasar kompetensi sebagai wewenang dalam menjalankan tugasnya. Seorang guru perlu memiliki penguasaan terhadap kemampuan dasar mengajar dan menguasai materi pelajaran secara luas dan mendalam dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya. Karena guru yang berkompeten akan sanggup menumbuhkan motivasi belajar peserta didik yang pada akhirnya akan mempengaruhi pencapaian hasil belajar peserta didik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru yang dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh: 1. Kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik. 2. Kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar peserta didik dan 3. Kompetensi pedagogik guru dan kompetensi profesional guru terhadap motivasi belajar peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sungai Limau. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan jumlah populasi 442 orang, dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling yang merujuk rumus slovin, maka sampelnya sebesar 210 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data untuk penelitian ini adalah uji deskriptif dan uji induktif yang terdiri dari uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap motivasi belajar dengan kontribusi sebesar 32%. Terdapat pengaruh kompetensi profesional terhadap motivasi belajar dengan kontribusi sebesar 43,10%. Terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dengan kontribusi sebesar 46,40%. Jika nilai kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru meningkat, maka motivasi belajar peserta didik juga akan meningkat. Guru disarankan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional agar dapat meningkatkan motivasi belajar yang akhirnya berdampak pada meningkatnya hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru dan motivasi Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru, Kompetensi Profesional Guru dan motivasi Belajar Peserta Didik
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Filsafat
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:56
Last Modified: 28 Mar 2024 01:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19676

Actions (login required)

View Item View Item