Indikasi Pelanggaran Perilaku Pada Film "Sekali Payung Semua Cinta Terlampaui" Berdasarkan Peraturan KPI Tahun 2012 (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure)

Julianda, Kholilah Tri (2024) Indikasi Pelanggaran Perilaku Pada Film "Sekali Payung Semua Cinta Terlampaui" Berdasarkan Peraturan KPI Tahun 2012 (Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover Sampai Daftar Isi)
Cover Sampai Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (740kB)
[img] Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (Bab V- Daftar Pustaka)
Bab V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (Lilah Skripsi Full Text)
Skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya pelanggaran-pelanggaran P3SPS yang dilakukan program siaran seperti FTV, tetapi kurang diperhatikan baik oleh (Komisi Penyiaran Indonesia) KPI sendiri maupun masyarakat umum yang menontonnya. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti lebih jauh mengenai salah satu pelanggaran perilaku pada film sekali payung semua cinta terlampaui berdasarkan standar regulasi peraturan KPI tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk indikasi pelanggaran perilaku pada film SPSCT berdasarkan peraturan KPI tahun 2012, penanda (Signifier) dan petanda (Signified) yang memiliki indikasi pelanggaran perilaku dalam film SPSCT berdasarkan peraturan KPI tahun 2012. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan deksriptif kualitatif, pengumpulan data dengan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotik Ferdinand De Saussure. Sumber data primer melalui cara pengamatan dengan menonton FTV SPSCT, pihak SCTV bekerjasama dengan layanan video streaming aplikasi Vidio. Sumber data sekunder penelitian ini adalah Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) yang dipublikasikan oleh Komisi Penyiaran Islam. Hasil penelitian ini adalah: (1) Bentuk pelanggaran perilaku pada film SPSCT berdasarkan Peraturan KPI Nomor 02/P/KPI/03/2012 tentang SPS. Film ini memiliki indikasi pelanggaran pada bab X pasal 15 bagian pertama terkait perlindungan anak-anak dan remaja ayat 1, dan bab XVII terkait penggolongan program siaran bagian keempat tentang klasifikasi R pasal 37 ayat 1 dan 4 poin a. (2) Penanda pelanggaran perilaku pada film SPSCT dilihat dari beberapa adegan dan dialog yang memiliki indikasi pelanggaran berdasarkan Peraturan KPI tersebut. (3) Petanda pelanggaran perilaku pada film SPSCT dilihat dari beberapa adegan dan dialog yang memiliki potensi pelanggaran, kemudian dijelaskan mana adegan dan dialog yang menjadi tanda dalam film tersebut dan dikaitkan dengan Peraturan KPI Nomor 02/P/KPI/03/2012 tentang SPS bab X bagian pertama pasal 1, bab XVII pasal 1 dan 4 huruf a.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Film, P3SPS, Komisi Penyiaran Islam
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 29 Mar 2024 03:56
Last Modified: 29 Mar 2024 03:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item