Pengembangan E-LKPD Mata Pelajaran IPAS Bermuatan Kearifan Budaya Minangkabau Melalui Project Based Learning Terhadap Literasi Budaya Dan Kewargaan Peserta Didik Kelas IV MIN Kota Bukittinggi

Putri, Mesi Julina (2024) Pengembangan E-LKPD Mata Pelajaran IPAS Bermuatan Kearifan Budaya Minangkabau Melalui Project Based Learning Terhadap Literasi Budaya Dan Kewargaan Peserta Didik Kelas IV MIN Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
Cover-Daftar Isi-1-1.pdf - Published Version

Download (595kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I-5.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III-2.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Bab V-Dapus)
BAB V - DAPUS.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI Mesi Julina Putri Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya wawasan peserta didik mengenai budaya dan kewargaannya sendiri. Pembelajaran yang hanya berpatokan pada penggunaan LKS sederhana serta minimnya penerapan pembelajaran yang menghasilkan proyek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD mata pelajaran IPAS bermuatan kearifan budaya Minangkabau melalui project based learning yang dapat menambah wawasan peserta didik mengenai literasi budaya dan kewargaan yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu mulai dari tahap Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Validitas, Angket Praktikalitas, serta soal tes Efektivitas. Uji Validitas diberikan kepada 3 orang validator ahli dinilai dari aspek materi, bahasa dan media. Uji Praktikalitas diberikan diberikan kepada satu orang pendidik dan 29 orang peserta didik kelas IVC dinilai dari aspek waktu dan kemudahan penggunaannya. Uji Efektivitas diberikan kepada 29 peserta didik kelas IVC MIN Kota Bukittinggi dilihat dari aspek wawasan literasi budaya dan kewargaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa produk berupa E-LKPD mata pelajaran IPAS bermuatan kearifan budaya Minangkabau melalui project based learning valid, praktis dan efektif. Hasil validitas menunjukkan sangat valid dengan skor 92% dengan persentase kelayakan materi 93%, kelayakan bahasa 91% dan kelayakan media 92%. Uji praktikalitas produk 84% kategori sangat praktis. Sedangkan uji efektivitas dikategori efektif dengan skor rata-rata 70,17%. E-LKPD sudah memenuhi kualitas produk yang Valid, Praktis, Efektif dan dapat digunakan untuk menambah literasi budaya dan kewargaan peserta didik. Kata Kunci: E-LKPD, Kearifan Budaya Minangkabau, Project Based Learning, Literasi Budaya dan Kewargaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Kearifan Budaya Minangkabau, Project Based Learning, Literasi Budaya dan Kewargaan
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:44
Last Modified: 28 Mar 2024 02:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19652

Actions (login required)

View Item View Item