Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Peserta Didik Kelas VI di MIN 2 Kota Padang

Aisyah, Febri Nur (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Modelling The Way Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Peserta Didik Kelas VI di MIN 2 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I IBI.pdf - Published Version

Download (668kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III IBI.pdf - Published Version

Download (724kB)
[img] Text (BAB V- DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-dapus.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text (SKRIPSI FEBRI FULL TEXT)
Skripsi Febri Nur Aisyah Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar PJOK peserta didik yang masih rendah. Hal tersebut terlihat ketika observasi dan wawancara peneliti di MIN 2 Kota Padang dapat diketahui bahwa nilai ujian semester satu peserta didik mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal, kemudian yang menjadi permasalahan terlihat dari sisi pendidik yang kurang terampil menggunakan model pembelajaran. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Modeling The Way dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Modeling The Way terhadap hasil belajar peserta didik kelas VI MIN 2 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksperimen (Quasy Experimen) dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VI MIN 2 Kota Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Kelas yang dipilih sebagai kelas kelas eksperimen adalah VI A dan kelas kontrol adalah VI B. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Veri 25 dan Ms. Excel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari 67,67 menjadi 87,33. Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 52,00 menjadi 68,00. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS Versi 25 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = <,0,000 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 dan thitung > ttabel. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan model modeling the way terhadap hasil belajar PJOK peserta didik kelas VI MIN 2 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modeling The Way, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:50
Last Modified: 27 Mar 2024 06:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19647

Actions (login required)

View Item View Item