Peran Palo Malin dalam Pelaksanaan Rujuk Talak Raj’i Ditinjau dari ‘Urf (Studi Kasus di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman)

Herdianto, Herdianto (2024) Peran Palo Malin dalam Pelaksanaan Rujuk Talak Raj’i Ditinjau dari ‘Urf (Studi Kasus di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (844kB)
[img] Text (Full Text)
2013010006_HERDIANTO_SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Riset ini ditulis karena adanya aturan adat Minangkabau, khususnya di Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, berupa peran palo malin yang tidak disebutkkan dalam hukum Islam maupun hukum positif di Indonesia dalam pelaksanaan rujuk talak raj’i pada masyarakat Nagari Binjai Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Adapun tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui peran palo malin dalam pelaksanaan rujuk talak raj’i, untuk mengetahui mekanisme rujuk talak raj’i pada masyarakat Nagari Binjai, dan untuk mengetahui tinjauan ‘urf terhadap rujuk talak raj’i pada masyarakat Nagari Binjai. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian lapangan dengan jenis kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa, adanya peran palo malin dalam pelaksanaan rujuk talak raj’i atas kesepakatan leluhur adat Nagari Binjai bahwa palo malin orang paham agama Islam nan di tinggikan sarantiang di dahulukan salangkah di Nagari. Mekanisme pelaksanaan rujuk talak raj’i di Nagari Binjai yaitu apabila suami ingin rujuk pihak keluarga suami menjemput istri yang telah dijatuhi talak raj’i, adanya ucapan rujuk dari suami kepada istri, dua orang saksi, nasehat dari palo malin, dan doa selamat. Adapun tinjauan ‘urf dalam rujuk talak raj’i, memang peran palo malin dalam pelaksanaan rujuk talak raj’i tidak diatur dalam al-qur’an maupun hadis. Peran palo malin tersebut dikategorikan sebagai ‘urf yang khusus, yaitu hanya berlaku didaerah tertentu saja. Sanksi adat yang dijatuhkan merupakan ‘urf yang sahih, karena mengandung maslahat dan tidak bertentangan dengan nash, hal ini sesuai dengan tujuan dari hukum Islam yang mengutamakan kemaslahatan dan kebahagiaan umat di dunia dan akhirat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Palo Malin, Rujuk Talak Raj’i dan ‘Urf
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 29 Mar 2024 03:08
Last Modified: 29 Mar 2024 03:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19607

Actions (login required)

View Item View Item