Rahman, Yulia (2024) Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Self Efficacy dan Kemampuan Berfikir Kritis terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa PAI PTKIN Sumatera Barat. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Disertasi Full Text)
Disertasi Yulia Rahman.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (29MB) |
|
Text (Cover)
Cover Sampai Daftar Isi.pdf - Published Version Download (29MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I watermark.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III watermark.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V watermark.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa prestasi akademik di tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam masih belum merepresentasikan capaian mahasiswa di bidang kognitif, afektif dan psikomotorik secara komprehensif. Prestasi akademik yang ideal seharusnya mampu menggambarkan tingkat keberhasilan mahasiswa pada kompetensi-kompetensi penting untuk menunjang tri dharma perguruan tinggi. Di antara kompetensi tersebut adalah kecerdasan interpersonal, self efficacy dan kemampuan berfikir kritis. Berdasarkan kajian teori, ketiga kompetensi tersebut terbukti berkontribusi terhadap prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh langsung dan tidak langsung serta pengaruh parsial dan simultan antara kecerdasan interpersonal, self efficacy dan kemampuan berfikir kritis terhadap prestasi akademik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif Ex Post Facto dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner (instrumen angket). Data yang diperoleh selanjtunya dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester V Prodi PAI PTKIN Sumatera Barat yang berjumlah 640 orang. Pengambilan sampel dengan teknik proportional random sampling menghasilkan 246 responden sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) pengaruh langsung kecerdasan interpersonal terhadap kemampuan berfikir kritis sebesar 43,1%, 2) pengaruh langsung self efficacy terhadap kemampuan berfikir kritis sebesar 43,6%, 3) pengaruh langsung kecerdasan interpersonal dan self efficacy secara simultan terhadap kemampuan berfikir kritis 63,9%, 4) pengaruh langsung kecerdasan interpersonal terhadap prestasi akademik sebesar 27,1%, 5) pengaruh langsung self efficacy terhadap prestasi akademik sebesar 16,1%, 6) pengaruh langsung kemampuan berfikir kritis terhadap prestasi akademik sebesar 28,9%, 7) pengaruh tidak langsung kecerdasan interpersonal terhadap prestasi akademik melalui kemampuan berfikir kritis sebesar 12,5%, 8) pengaruh tidak langsung self efficacy terhadap prestasi akademik melalui kemampuan berfikir kritis sebesar 12,6%, 9) pengaruh langsung kecerdasan interpersonal, self efficacy dan kemampuan berfikir kritis secara simultan sebesar 42,7%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peningkatan prestasi mahasiswa dapat dilakukan dengan mengembangkan kemampuan interpersonal, self efficacy dan kemampuan berfikir kritis melalui penerapan model belajar pemecahan masalah yang berorientasi pada wawasan sosial dan kesadaran belajar. Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Self Efficacy, Kemampuan Berfikir Kritis, Prestasi Akademik
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Interpersonal, Self Efficacy, Kemampuan Berfikir Kritis, Prestasi Akademik |
Subjects: | U Umum (General) > Psikologi U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pusat Riset Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 06:28 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 06:28 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19602 |
Actions (login required)
View Item |