Transformasi Perilaku Konsumen Muslim Berbelanja Di Pasar Modern dan Pasar Online (Studi Kasus Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang)

Nusrida, Helda (2022) Transformasi Perilaku Konsumen Muslim Berbelanja Di Pasar Modern dan Pasar Online (Studi Kasus Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Fulltext)
full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Cover-Daftar isi)
kover dan lain lain.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5 - Daftar Pustaka)
bab 5 dan dapus.pdf - Published Version

Download (455kB)

Abstract

Transformasi perilaku konsumen muslim berbelanja di pasar modern dan pasar online menyoroti perubahan perilaku konsumen saat melakukan tahapan-tahapan konsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana transformasi perilaku konsuemen berbelanja di pasar modern dan pasar online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian menggunakan field research (penelitian lapangan). Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang sebanyak 30 orang. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dam penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Transformasi perilaku konsumen muslim berbelanja di pasar online dan pasar modern. Konsumen muslim berbelanja di pasar modern dan pasar online pada tahap pengenalan masalah tidak mengalami perubahan yang signifikan, hanya saja akan mengalami perubahan jika konsumen muslim tertarik karena produk yang sedang viral, promo dan diskon sehingga tidak memunculkan keinginan yang memicu sikap idzraf dan tabzir. Transformasi perilaku konsumen muslim saat mencari informasi tentang produk maupun tempat berbelanja, terdapat pada jika dulu terbatas pada melihat iklan di media massa dan media cetak, sekarang akses informasi diperoleh secara lebih detail melalui internet sperti; media sosial, web browser, konten digital, youtube, testimoni dan review konsumen sebelumnya serta informasi yang secara langsung dapat diperoleh melalui platform belanja online. Transformasi perilaku konsumen muslim saat melakukan evaluasi alternatif terdapat pada kesadaran atas aturan-aturan syari’ah dengan mempertimbangkan kehalalan produk, rasional dengan mempertimbangkan mashlahah dan nilai guna, dan tidak bolehnya perilaku idzraf dan tabzir. Transformasi perilaku konsumen muslim saat melakukan keputusan pembelian terdapat pada saat melakukan pembayaran pada pasar modern dengan menggunkan dompet digital seperti penggunaan Qris, Dana dan Ovo serta member Card. Transformasi perilaku konsumen muslim pada tahap pasca pembelian terdapat pada kemudahan konsumen melakukan review atau testimoni terhadap produk maupun tempat berbelanja via internet baik testimoni positif maupun testimoni negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transformasi, Perilaku Konsumen Muslim, Pasar Modern, Pasar Online
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:46
Last Modified: 27 Mar 2024 04:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19594

Actions (login required)

View Item View Item