Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman

Faza, Nawar (2024) Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
cover-daftar isi SKRIPSI (1).pdf - Published Version

Download (862kB)
[img] Text (BAB 1 SKRIPSI)
BAB 1 SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (BAB III SKRIPSI)
BAB III SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (540kB)
[img] Text (BAB V SKRIPSI)
BAB V SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI UNTUK REPOSITORY (Autosaved).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya pendidik dalam mengembangkan proses pembelajaran yang menyesuaikan proses berpikir peserta didik yang beragam. Untuk itu perlu dikembangkan Hypothetical Learning Trajectory yang diaplikasikan pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan HLT pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model design research menurut Gravemeijer dan Cobb. Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pada tahap pertama (preparing for the experiment) dilakukan analisis kebutuhan (seperti analisis peserta didik dan pendidik, analisis silabus, analisis literatur, dan analisis konsep), merancang HLT, dan melakukan penilaian terhadap HLT (seperti self evaluation dan expert review). Pada tahap kedua (conducting the experiment) dilakukan uji coba produk kepada peserta didik di MTsN 9 Padang Pariaman pada tahap one to one evaluation dan small group evaluation. Pada tahap ketiga (the retrospective analysis) dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari tahapan sebelumnya dan hasil analisis ini digunakan untuk merencanakan kegiatan dan mengembangkan rancangan kegiatan pada pembelajaran berikutnya. Data yang terkumpul dianalisi secara deskriptif. Proses tersebut dilakukan secara berulang-ulang sampai diperoleh produk HLT yang diaplikasikan pada LKPD valid dan praktis. Penelitian ini menghasilkan HLT pada materi relasi dan fungsi yang diaplikasikan pada LKPD berbasis Problem Based Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HLT yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 89,71% dan LKPD dengan kriteria sangat valid dengan rata-rata 89,17%. Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan HLT dan LKPD, pengisian angket uji praktikalitas HLT oleh pendidik dan peserta didik, serta wawancara dengan pendidik dan peserta didik, menunjukkan bahwa HLT dan LKPD yang dikembangkan sudah praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika pada materi relasi dan fungsi. HLT dan LKPD yang dikembangkan pada materi relasi dan fungsi memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata praktikalitas HLT oleh pendidik, yaitu sebesar 88,24%, untuk praktikalitas LKPD oleh pendidik, yaitu sebesar 86,25%, dan untuk praktikalitas LKPD oleh peserta didik, yaitu sebesar 85,12%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hypothetical Learning Trajectory, Problem Based Learning, Relasi dan Fungsi
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:19
Last Modified: 28 Mar 2024 01:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19583

Actions (login required)

View Item View Item