Pengaruh Media Pembelajaran ICT (Informations and Communications Technology) Berbasis Blog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MAN 1 Kota Payakumbuh

Zikri, Mhd. Abdullah (2024) Pengaruh Media Pembelajaran ICT (Informations and Communications Technology) Berbasis Blog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X di MAN 1 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
COVER_MHD. ABDULLAH ZIKRI_2014010067.pdf - Published Version

Download (736kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_MHD. ABDULLAH ZIKRI_2014010067.pdf - Published Version

Download (412kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_MHD. ABDULLAH ZIKRI_2014010067.pdf - Published Version

Download (523kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V_MHD. ABDULLAH ZIKRI_2014010067.pdf - Published Version

Download (261kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIBSI_MHD. ABDULLAH ZIKRI_2014010067.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan pendidik belum maksimal dan bersifat konvensional, sehingga banyak siswa yang merasa cepat bosan ketika pembelajaran, kurang aktif, kurang bersemangat dalam proses pembelajaran fiqih yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Pengaruh Media Pembelajaran ICT (Informations Communications and Technology) Berbasis Blog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MAN 1 Kota Payakumbuh”. Tujuan dalam penelitian skribsi ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran ICT (Informations Communications and Technology) Berbasis Blog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MAN 1 Kota Payakumbuh”. Jenis dari penelitian ini adalah quasi experimental desing, populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X MAN 1 Kota Payakumbuh tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik simple random sampling kelas yang dipilih sebagai kelas experiment adalah X E.5 dan kelas kontrol X E.2 Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan media ICT berbasis blog berada pada klasifikasi tinggi, sedangkan hasil belajar kelas kontrol yang tidak menerapkan media ICT berbasis blog klasifikasi rendah. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan pada software SPSS 19, maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan thitung > ttabel yaitu 4,355 > 1,675 artinya Ha yang mengatakan terdapat Pengaruh Media Pembelajaran ICT (Information Communication and Technology) Berbasis Blog Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas X Di MAN 1 Kota Payakumbuh diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Pengaruh, Media Pembelajaran ICT Berbasis Blog, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Pembelajaran ICT Berbasis Blog, Hasil Belajar Siswa
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:58
Last Modified: 27 Mar 2024 06:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19571

Actions (login required)

View Item View Item