Pengaruh Pendapatan, Tingkat Pendidikan dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Masyarakat Muslim Berwakaf Uang di Kota Padang (Studi Kasus Pada Badan Pengelola Wakaf Ar Risalah)

Ayib, Hider (2024) Pengaruh Pendapatan, Tingkat Pendidikan dan Akses Media Informasi Terhadap Minat Masyarakat Muslim Berwakaf Uang di Kota Padang (Studi Kasus Pada Badan Pengelola Wakaf Ar Risalah). Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf

Download (863kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (541kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (396kB)
[img] Text (Full Skripsi)
Full Skripsi Hider.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan adanya pengaruh pendapatan, tingkat pendidikan dan akses media informasi terhadap minat berwakaf uang. Data yang digunakan adalah data primer menggunakan teknik kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden melalui google form. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling pada masyarakat muslim yang bewakaf uang di Yayasan Ar Risalah Kota Padang. Penelitian ini di analisis dengan metode regresi linear berganda dengan software SPSS 29.0 dan Microsoft Excel 2010 untuk menguji hipotesis dari variabel yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pendapatan, tingkat pendidikan dan akses media informasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwakaf uang dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari signifikansi yang digunakan yaitu 0,05 atau 5%. Secara parsial variabel pendapatan, tingkat pendidikan dan akses media informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat berwakaf uang. Kemampuan prediksi dari ketiga variabel independen terhadap variabel dependen adalah 70%. Sedangkan sisanya 30% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Tingkat Pendidikan, Akses Media Informasi, Minat, Wakaf Uang.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:54
Last Modified: 27 Mar 2024 03:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19549

Actions (login required)

View Item View Item