Pembentukan Keluarga Sakinah Bagi Pasangan Suami Istri yang Tidak Memiliki Keturunan (Studi Kasus Di Nagari Koto Tangah Batu Ampa Kabupaten Lima Puluh Kota)

Hayati, Maulida (2024) Pembentukan Keluarga Sakinah Bagi Pasangan Suami Istri yang Tidak Memiliki Keturunan (Studi Kasus Di Nagari Koto Tangah Batu Ampa Kabupaten Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
COVER - DAFTAR ISI Maulida Hayati.pdf - Published Version

Download (767kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Maulida Hayati.pdf - Published Version

Download (599kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Maulida Hayati.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA Maulida Hayati.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT Maulida Hayati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pembentukan Keluarga Sakinah bagi Pasangan Suami Istri yang tidak Memiliki Keturunan (Studi Kasus Di Nagari Koto Tangah Batu Ampa Kabupaten Lima Puluh Kota)”. Disusun oleh Maulida Hayati NIM. 1913010102 Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syari’ah, UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya beberapa pasangan suami-istri yang belum memiliki keturunan di Nagari Koto Tangah Batu Ampa tetapi tetap harmonis dan disebut sebagai keluarga yang sakinah. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian: pertama, bagaimana profil rumah tangga pasangan suami-istri tanpa keturunan. Kedua, bagaimana persoalan yang dihadapi pasangan suami-istri yang tidak memiliki keturunan. Ketiga, bagaimana upaya yang dilakukan pasangan suami-istri tanpa keturunan dalam membentuk keluarga sakinah di Nagari Koto Tangah Batu Ampa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research). Data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan data sekunder dari buku-buku dan jurnal. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, profil rumah tangga pasangan suami-istri yang tidak memiliki keturunan di Nagari Koto Tangah Batu Ampa yaitu dari segi usia suami-istri mayoritas direntang 45-50 tahun, dari segi usia menikah sebagian besar direntang 21-25 tahun, dari segi usia pernikahan mayoritas direntang 11-15 tahun, dari segi pendidikan terakhir mayoritas tamatan SLTA, dan dari segi pekerjaan sebagian besar sebagai petani/pekebun dan mengurus rumah tangga. Kedua, persoalan yang dihadapi pasangan suami-istri yang tidak memiliki keturunan di Nagari Koto Tangah Batu Ampa diantaranya adanya tekanan dari keluarga besar, cemooh dan gunjingan dari tetangga serta munculnya rasa kegelisahan dan kecemasan karena belum memiliki anak. Ketiga, Upaya yang dilakukan pasangan suami istri yang tidak memiliki keturunan yang ada di Nagari Koto Tangah Batu Ampa dalam membentuk keluarga sakinah yaitu menjalin hubungan yang harmonis antara suami-istri, membina kehidupan beragama dalam rumah tangga, membina hubungan antara anggota keluarga dan masyarakat serta menjalankan hak dan kewajiban diantara suami-istri. Kata Kunci: Keluarga Sakinah, Suami, Istri, Keturunan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keluarga Sakinah, Suami, Istri, Keturunan
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 29 Mar 2024 02:21
Last Modified: 29 Mar 2024 02:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19545

Actions (login required)

View Item View Item