Newman's Error Analysis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Agam

Rahmi. S, Laila (2024) Newman's Error Analysis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Peserta Didik Kelas VIII MTsN 6 Agam. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER- DAFTAR ISI)
repository_merged.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5 & dafpus.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (FULL TEXT)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita. Permasalahan yang tumbuh adalah bagaimana proses peserta didik dalam memecahkan masalah dalam bentuk soal cerita. Newman’s error analysis merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan peserta didik dengan kemampuan awal tinggi, sedang, rendah kelas VIII MTsN 6 Agam dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan Newman’s error analysis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah stratified propotional random sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 peserta didik kelas VIII dengan kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes pada materi sistem persamaan linear dua variabel berbentuk uraian dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan peserta didik dengan kemampuan awal tinggi, sedang, rendah meliputi kelima tahapan kesalahan berdasarkan Newman’s error analysis. Kesalahan terbanyak yang dilakukan oleh masing-masing peserta didik adalah pada tahap penulisan jawaban akhir (endcoding error). Persentase kesalahan peserta didik dengan kemampuan awal tinggi 39,25%, persentase kesalahan peserta didik dengan kemampuan awal sedang 83%, dan persentase kesalahan peserta didik dengan kemampuan awal rendah 89%. Persentase kesalahan terbesar pada peserta didik adalah kesalahan dalam penulisan jawaban akhir (endcoding error) dikarenakan kesalahan tahapan sebelumnya atau tidak menuliskan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian Soal Cerita, Kesalahan Peserta Didik, Newman’s Error Analysis
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:07
Last Modified: 27 Mar 2024 02:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19534

Actions (login required)

View Item View Item