Kesiapan Pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung No 03 Tahun 2022 Tentang Mediasi Elektronik Di Lingkungan Pengadilan Agama

Muharromah, Ella Fita (2024) Kesiapan Pelaksanaan Peraturan Mahkamah Agung No 03 Tahun 2022 Tentang Mediasi Elektronik Di Lingkungan Pengadilan Agama. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI)
SCAN Ella Fita .pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (BAB 1)
SH^J Ella Fita Bab I watermark .pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (BAB III)
SH^J Ella Fita Bab III watermack.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-D. PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL SKRIPSI WATERMACK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya PERMA No 03 Tahun 2022 tentang mediasi elektronik, yang mana dalam kesiapan pelaksanaan mediasi elektronik di Pengadilan Agama Padang, Pengadilan Agama Padang Panjang, dan Pengadilan Agama Bukitinggi, mendukung adanya PERMA penanganan beserta solusi untuk meningkatkan akses keadilan masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi atau untuk menjamin kemudahan para pihak dalam proses mediasi di Pengadilan. Namun masih terdapat sisi lemah yang menjadi hambatan. Penelitian ini membahas tentang kesiapan pelaksanaan mediasi elektronik di Pengadilan Agama Padang, Pengadilan Agama Padang Panjang dan Pengadilan Agama Bukittinggi sudah sesuai dengan PERMA Nomor 03 Tahun 2022, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan mediasi secara elektronik di Pengadilan Agama Padang, Pengadilan Agama Padang Panjang, dan Bukittinggi, serta upaya Pengadilan Agama Padang, Pengadilan Agama Padang Panjang dan Pengadilan Bukittinggi dalam menghadapi faktor penghambat pelaksanaan mediasi secara elektronik. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang menggunakan wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini yaitu pertama, kesiapan pelaksanaan mediasi secara elektronik di Pengadilan Agama Padang, Pengadilan Agama Padang Panjang dan Pengadilan Agama Bukittinggi telah terlaksana sesuai dengan PERMA Nomor 3 Tahun 2022. Kedua pada pelaksanaan PERMA Nomor 3 Tahun 2022 tentang mediasi elektronik di Pengadilan Agama Padang, Pengadilan Agama Padang Panjang dan Pengadilan Agama Bukittinggi, terdapat beberapa faktor pendukung yang sama yaitu, sudah menyediakan mediator hakim atau non hakim dan sarana dan prasarana yang menjadi pendukung yaitu, leptop, tv besar, dan fasilitas ruangan. Terdapat faktor penghambat yang sama dalam pelaksanaan mediasi secara elektronik pada tiga pengadilan agama tersebut, yaitu kurangnya pemahaman dari para pihak dalam melaksanakan mediasi secara elektronik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Pengadilan Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 28 Mar 2024 08:00
Last Modified: 28 Mar 2024 08:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19529

Actions (login required)

View Item View Item