Asharoh, Ummi (2024) Pengelolaan Program Gerakan Literasi di SMP Negeri 3 Batang Anai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version Download (920kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (552kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (279kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text (Full Text)
Ummi Asharoh_2014030057_Fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pelaksanaan program gerakan literasi di SMP Negeri 3 Batang Anai kegiatan gerakan literasi di SMP N 3 Batang Anai. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau deskriptif yang kemudian dianalisis berdasarkan teori. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator literasi, kepala tata usaha, dan siswa. Pengelolaan gerakan literasi yang terjadi di SMP N 3 Batang Anai belum berjalan dengan baik serta rendahnya minat baca siswa memiliki dampak yang signifikan pada pencapaian akademik siswa, untuk itu dibutuhkan suatu program yang bisa menumbuhkan minat baca bagi siswa yaitu program gerakan literasi sekolah, untuk mencapai tujuan tersebut maka diperlukan suatu pengelolaan program literasi sekolah yang baik sehingga tujuan program literasi sekolah dapat tercapai. Hasil penelitian ini adalah bahwa pengelolaan program gerakan literasi sekolah di SMP N 3 Batang Anai dari aspek pelaksanaan program gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan dengan membaca rutin di awal pembelajaran, peningkatan koleksi buku, pojok literasi setiap kelas, memberi penghargaankepada siswa yang paling banyak membaca buku 150 buku selama satu semester dan menghafal Al-Quran 1 juz dalam setahun, kegiatan religius, mengadakan sholat dhuha dan dzuhur berjamaah dengan menggunakan model tahapan pembiasaan dan pengembangan yang juga menggunakan metode literasi dasar dan literasi perpustakaan dengan menggunakan tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SMP N 3 Batang Anai berdasarkan tahap pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran. Pada tahap pembiasaan melakukan kegiatan 15 menit membaca, menyediakan pojok baca di kelas dan perpustakaan sekolah, dan menyediakan perpustakaan. Pada tahap pengembangan melakukan membaca terpandu dan membaca bersama. Pada tahap pembelajaran melakukan menata kelas berbasis literasi, menyimpulkan hasil bacaan yang dibaca peserta didik, dan menjelaskankembali isi bacaan yang dibaca peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Program, Literasi |
Subjects: | U Umum (General) > Ilmu Sosial > Bahan Pengajaran Membaca, Kesiapan Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 01:58 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 01:58 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19519 |
Actions (login required)
View Item |