Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Open Ended Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di MTsN 6 Agam

Najah, Ghina Mardhiyyah (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Open Ended Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di MTsN 6 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER-DAFTAR ISI GHINA MN)
Cover-Daftar Isi GHINA MN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I GHINA MN)
BAB I GHINA MN.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (BAB III GHINA MN)
BAB III GHINA MN.pdf - Published Version

Download (861kB)
[img] Text (BAB V - DAPUS GHINA MN)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (740kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL GHINA MN)
SKRIPSI FULL TEXT GHINA MN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh pendidik. Bahan ajar yang digunakan oleh pendidik berupa buku cetak yang disediakan di perpustakaan. Pendidik belum maksimal dalam menggunakan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD), pada proses pembelajaran peserta didik hanya berpusat pada pendidik (teacher center). Sehingga peserta didik secara tidak langsung bosan, kurang aktif sehingga tidak bisa tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan dan kurangnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan pernasalahan. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dirancang dan dikembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis open ended untuk kemampuan berpikir kreatif yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan design research dengan model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan 1974 yang terdiri dari empat tahap. Adapun penelitian ini hanya sampai tahap pendefenisian, perancangan dan pengembangan. Tahap pendefenisian (define) terdiri dari: a) analisis awal, b) analisis peserta didik, c) analisis konsep, dan d) analisis tujuan pembelajaran. Tahap perancangan (design) terdiri dari: a) perancangan LKPD dan b) penyusunan instrumen. Tahap pengembangan (develop) terdiri dari: a) tahap validitas dan b) tahap praktikalitas. Subjek penelitian adalah kelas VIII MTsN 6 Agam. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis open ended untuk kemampuan berpikir kreatif pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) yang valid dan praktis. Pada tahap uji validitas hasil penelitian menunjukan bahwa LKPD berbasis open ended untuk kemampuan berpikir kreatif memperoleh skor rata-rata 85,55% dengan kriteria sangat valid. Pada tahap uji praktikalitas oleh peserta didik hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa LKPD berbasis open ended untuk kemampuan berpikir kreatif memperoleh skor rata-rata 96,27% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan uji praktikalitas oleh pendidik memperoleh skor rata-rata 82,50% dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Open Ended, dan Berpikir Kreatif
Subjects: U Umum (General) > Matematika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:57
Last Modified: 27 Mar 2024 02:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19499

Actions (login required)

View Item View Item