Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMAN 5 Padang

Simamora, Melawi Indah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMAN 5 Padang. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (821kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (2).pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (2).pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (2).pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMA Negeri 5 Padang tahun pelajaran 2023/2024 disebabkan oleh kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Akibatnya, sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 80. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti yang menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensioanal. Jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen (exprimental research) dengan desain penelitian true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di SMAN 5 Padang tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling, kelas yang digunakan untuk eksperimen yaitu kelas X E8 dan kelas kontrol yaitu kelas X E9. Berdasarkan analisis SPSS versi 26, Hasil penelitian yang dilakukan dengan analisis uji t pada uji hipotesis Independent Sampel Test diperoleh nilai thitung 3,346 pada derajat kebebasan (df) 70 lebih besar dari ttabel sebesar 1,994. Dilihat dari hasil uji t dua sisi (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak atau terdapat pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMAN 5 Padang. Kata kunci: Means Ends Analysis, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Means ends analysis, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:24
Last Modified: 28 Mar 2024 07:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19493

Actions (login required)

View Item View Item