Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs N 1 Kota Payakumbuh

Zukni, Zukni (2024) Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs N 1 Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER SAMPAI DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Zukni full.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII MTSN 1 Kota Payakumbuh. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan model project based learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang belajar dengan model project based learning dan kemampuan berpikir kreatif dengan model ekpositori di kelas VIII MTs N 1 Kota Payakumbuh. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk quasy experiment dan rancangannya randomized control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 11 kelas, dengan kelas sampel VIII-9 sebagai kelas eksperimen dan VIII-11 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 peserta didik di masing-masing kelas. Pembelajaran pada kelas eksperimen dengan diterapkannya model project based learning dan kelas kontrol diterapkan model ekpositori. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas eksperimen yaitu 82,52 dan kelas kontrol 70,31. Setelah itu , dilakukan uji hipotesis dengan uji-t dengan α = 0.05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh ttabel = 1,67 dan thitung = 3,20 sehingga thitung > ttabel (3,20 > 1,67) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, karena uji hipotesis H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada kelas eksperimen yang belajar menggunakan Model project based learning lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada kelas kontrol yang belajar dengan model Ekpositori di kelas VIII MTSN 1 Kota Payakumbuh tahun pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project based learning (PjBL), berpikir kreatif matematis
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:09
Last Modified: 28 Mar 2024 01:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item View Item