Fadillah, M. Ridho (2024) Pengaruh Penerapan Strategi Practice Rehearsel Pairs Berbantuan Metode Tadabbur Alam Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTsN 7 Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (Cover Daftar Isi M Ridho Fadillah 2014010058)
Cover Daftar Isi M Ridho Fadillah 2014010058.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab I M Ridho Fadillah 2014010058)
Bab I M Ridho Fadillah 2014010058.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Bab III M Ridho Fadillah 2014010058)
Bab III M Ridho Fadillah 2014010058.pdf - Published Version Download (725kB) |
|
Text (BAB V Daftar Pustaka M Ridho Fadillah 2014010058)
BAB V Daftar Pustaka M Ridho Fadillah 2014010058.pdf - Published Version Download (289kB) |
|
Text (Fulltext)
Fix Skripsi M Ridho Fadillah 2014010058 Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar Fikih peserta didik kelas VII di MTsN 7 Agam Tahun 2023/2024 merupakan hal yang melatar belakangi penelitian ini. Sebagian besar peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah dengan menggunakan Strategi Practice Reharsel Pair berbantuan metode tadabur alam pada mata pelajaran Fikih. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran tentang Strategi Practice Rehearsel Pairs dan metode tadabur alam pada mata pelajaran Fikih kelas VII di MTsN 7 Agam. (2) Untuk mengetahui gambaran tentang hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas VII di MTsN 7 Agam. (3) Untuk mengetahui pengaruh tentang penerapan Strategi Practice Rehearsel Pairs berbantuan metode tadabbur alam terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih kelas VII di MTsN 7 Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah semu eksperimen (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTsN 7 Agam tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling yang dilakukan dengan cara sample random sampling, yaitu penentuan sampel dengan cara acak sederhana. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII 7 dan kelas kontrol adalah kelas VII 2. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test hasil belajar Fikih kelas eksperimen diperoleh rata-rata 85,46 dan kelas kontrol 81,45 dengan nilai tertinggi kelas eksperimen 100 dan nilai tertinggi kelas kontrol 100 juga, sedangkan nilai terendah pada kelas ekperimen 70 dan kelas kontrol 65. Persentase ketuntasan belajar peserta didik kelas eksperimen 81,25%, sedangkan persentase kelas kontrol 74,2%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh signifikan α dalam dua arah atau signifikan (2-tailed) sebesar = 0,000, maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan yang berbunyi tidak terdapat perbedaan dengan Strategi Practice Rehearsel Pairs metode tadabur alam ditolak dan diterima, yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan ketika penggunaan strategi Practice Rehearsel Pairs metode tadabur alam dibandingkan dengan metode konvensional pada mata pelajaran Fikih di MTsN 7 Agam. Kata Kunci: Strategi Practice Rehearsel Pairs, Metode Tadabur Alam, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fikih.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Practice Rehearsel Pairs, Metode Tadabur Alam, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fikih. |
Subjects: | Agama Islam U Umum (General) > Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 02:03 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 02:03 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19433 |
Actions (login required)
View Item |