Pengaruh Pemberdayaan Perempuan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Utara

Siregar, Nur Khopipa (2024) Pengaruh Pemberdayaan Perempuan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Utara. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover-daftar idaftar isi)
Nur Khopipa Siregar. NIM 2016010008. Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (bab 1)
Nur khopipa Siregar. NIM 2016010008. bab 1.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (bab 3)
Nur Khopipa Siregar. NIM 2016010008. bab 3.pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text (bab 5 dan daftar pustaka)
Nur Khopipa Siregar. NIM 2016010008. bab 5 dan daftar pustaka, lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (full text)
NUR KHOPIPA SIREGAR. NIM 2016010008. FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan perempuan diakui sebagai faktor kritis dalam mencapai pembangunan ekonomi berkelanjutan, sesuai dengan target yang dicanangkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS). Meskipun demikian, isu-isu yang melibatkan perempuan masih seringkali terabaikan, terutama dalam aspek kesehatan, pendidikan, dan peran perempuan di sektor formal. Melalui tinjauan data yang tersedia, terlihat adanya ketimpangan antara laki-laki dan perempuan, yang kemungkinan disebabkan oleh keberlanjutan budaya patriarki, terutama di Sumatera Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Angka Harapan Hidup perempuan, Rata-rata Lama Sekolah perempuan, dan partisipasi perempuan sebagai tenaga profesional mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara. Pendekatan teori human capital menyoroti pentingnya kesetaraan gender dalam mengurangi ketidaksetaraan dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Alat analisis yang diterapkan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan Fixed Effect Model (FEM), yang diolah menggunakan perangkat EViews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Angka Harapan Hidup perempuan dan Rata-rata Lama Sekolah perempuan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara tahun 2018-2022. Sedangkan Perempuan sebagai tenaga profesional mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan ekonomi, Angka harapan hidup perempuan, Rata-rata lama sekolah perempuan, Perempuan sebagai tenaga profesional
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:37
Last Modified: 27 Mar 2024 02:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item View Item