Pengawasan Kedisiplinan Santri Dalam Kegiatan Dakwah Di Pondok Pesantren Nurul Yaqien Kenagarian Lakitan Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Yanmal, Iljriahi (2024) Pengawasan Kedisiplinan Santri Dalam Kegiatan Dakwah Di Pondok Pesantren Nurul Yaqien Kenagarian Lakitan Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover+daftar isi)
cover pdf+daftar isi pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1 (1).pdf

Download (333kB)
[img] Text (bab III)
BAB III1.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB V+ daftar pustaka)
BAB V+ daftar pustaka.pdf

Download (629kB)
[img] Text (fulltext skripsi iljri)
fulltext skripsi iljri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pondok Pesantren Nurul Yaqien terletak di kenagarian Lakitan. Di Pondok Pesantren telah ditetapkan kegiatan dakwah yaitu shalat zuhur berjemaah setiap hari Senin sampai Sabtu, wirid mingguan satu kali dalam seminggu dan yasinan pada malam Kamis, akan tetapi masih ditemukan penyimpangan maka dari itu perlu adanya pengawasan kedisiplinan santri agar bisa berjalan dengan baik, semakin tahun, bangunan Pondok Pesantren semakin bagus dan banyak pembangunan. Penulis tertarik untuk meneliti penetapan standar, pemeriksaan pelaksanaan tugas, perbandingan pelaksanaan tugas dengan standar dan tindakan perbaikan. Penerapan proses pengawasan tersebut bertujuan agar proses pengawasan ini terwujud dengan baik, sehingga Pondok Pesantren ini lebih maju dan berkembang kedepannya. Batasan masalah ialah bagaimana proses pengawasan kedisiplinan santri dalam kegiatan dakwah di Pondok Pesantren Nurul Yaqien Kenagarian Lakitan Utara Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepengurusan Di Pondok Pesantren Nurul Yaqien. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penetapan standar,pemeriksaan tugas, perbandingan pelaksanaan tugas dengan standar dan tindakan perbaikan Pengawasan kedisiplinan santri dalam kegiatan dakwah di Pondok Pesantren Nurul Yaqien. Hasil penelitian adalah a) penetapan standar yang telah dilakukan Pondok Pesantren, standar yang dilakukan ialah rencana kegiatan dakwah, kuantitas standar ialah shalat berjemaah pada waktu zuhur setiap hari senin sampai sabtu, wirid mingguan diadakan satu kali dalam seminggu pada malam senin, dan yasinan diadakan pada malam kamis, kualitas standar telah berjalan dengan baik. b) pemeriksaan pelaksanaan tugas telah dilakukan di Pondok Pesantren ialah peninjauan pribadi ini langsung dilakukan oleh pimpinan Pondok Pesantren, laporan secara lisan dimana dewan guru melaporkan setiap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan, laporan secara tulisan dimana dewan guru melaporkan secara tertulis bagaimana absensi atau kehadiran santri dan prilaku santri dalam pelaksanaan kegiatan dakwah. c) perbandingan pelaksanaan tugas dengan standar terhadap kedisiplinan santri, masih ditemukan penyimpangan pada pemeriksaan pelaksanaan tugas, santri yang masih cabut dan tidak hadir dalam kegiatan dakwah tersebut. d) tindakan perbaikan dimana telah dilaksanakan dan bagi santri melakukan penyimpangan akan diberikan sanksi atau hukuman, agar kegiatan dakwah bisa berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengawasan kedisiplinan santri
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:09
Last Modified: 27 Mar 2024 04:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19402

Actions (login required)

View Item View Item