Izin Tertulis Ninik Mamak sebagai Syarat Pengurusan Model NA di Nagari Guguak Malalo Kabupaten Tanah Datar Perspektif Maslahah Mursalah

Ulfa, Rusda (2024) Izin Tertulis Ninik Mamak sebagai Syarat Pengurusan Model NA di Nagari Guguak Malalo Kabupaten Tanah Datar Perspektif Maslahah Mursalah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER-DAFTAR ISI skripsi.pdf - Published Version

Download (868kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (454kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-DAPUS.pdf - Published Version

Download (447kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya aturan adat Nagari Guguak Malalo yang menetapkan persyaratan bukti tertulis persetujuan Ninik Mamak sebelum perkawinan didaftarkan di Kantor Urusan Agama (KUA). Meskipun hukum Islam dan positif Indonesia mensyaratkan syarat administrasi perkawinan, di Nagari Guguak Malalo, calon mempelai harus memenuhi syarat tambahan berupa surat izin menikah dari Penghulu/Ninik Mamak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu: Pertama, bagaimana sejarah aturan izin tertulis ninik mamak sebagai syarat pengurusan Model NA di Nagari Guguak Malalo. Kedua, bagaimana mekanisme izin tertulis ninik mamak sebagi syarat pengurusan Model NA di Nagari Guguak Malalo. Ketiga, bagaimana tinjauan maslahah mursalah terhadap izin tertulis ninik mamak sebagai syarat pengurusan Model NA di Nagari Guguak Malalo. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka diteliti dengan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan berlokasi di Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar. Selanjutnya data yang diperoleh melalui wawancara, kemudian diolah dengan menggunakan metode analisis data kualitatif deskrip yaitu suatu cara mengelola data yang merinci informasi dalam kata-kata atau kalimat. Temuan penelitian dalam studi ini: Pertama, aturan izin tertulis ninik mamak di Nagari Guguak Malalo berakar pada adat istiadat yang sudah ada sejak zaman dahulu, kemudian dirumuskan pada tahun 2016, dan disahkan pada tahun 2019. Kedua, Izin ini diperoleh dengan menjalani adat pra-nikah, mendapatkan nasehat dan tanda tangan izin tertulis ninik mamak, kemudian mengajukan NA ke Kantor Walinagari Guguak Malalo. Ketiga, analisis maslahah mursalah terhadap aturan izin tertulis ninik mamak sebagai syarat pengurusan model NA di Nagari Guguak Malalo menunjukkan bahwa aturan ini termasuk ke dalam maslahah mursalah, aturan ini sejalan dengan tujuan-tujuan syariat dan telah memenuhi syarat-syarat dalam pendekatan teori maslahah mursalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Izin Tertulis, Perkawinan, Maslahah Mursalah
Subjects: U Umum (General)
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 Mar 2024 11:01
Last Modified: 27 Mar 2024 11:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19371

Actions (login required)

View Item View Item