Dispensasi Nikah Pasangan Nikah Sirri di Bawah Umur (Studi Penetapan Pengadilan Agama Padang Panjang 9/Pdt.P/2023/PA.PP)

Jumaita, Meta (2024) Dispensasi Nikah Pasangan Nikah Sirri di Bawah Umur (Studi Penetapan Pengadilan Agama Padang Panjang 9/Pdt.P/2023/PA.PP). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Meta Jumaita.1913010045.Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (7MB)
[img] Text (BAB I)
Meta Jumaita.1913010045.BAB I.pdf - Published Version

Download (651kB)
[img] Text (BAB III)
Meta Jumaita.1913010045.BAB III.pdf - Published Version

Download (526kB)
[img] Text (BAB V)
Meta Jumaita. 1913010045. BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (515kB)
[img] Text (Full Text)
Meta Jumaita. 1913010045. full teks skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penetapan dispensasi nikah pada pasangan nikah sirri di bawah umur yang seharusnya pasangan tersebut mengajukan permohonan itsbat nikah karena sudah melangsungkan perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan pasangan nikah sirri di bawah umur mengajukan permohonan dispensasi nikah bukan mengajukan permohonan itsbat nikah, alasan Pengadilan Agama Padang Panjang menerima permohonan dispensasi nikah pasangan nikah sirri di bawah umur dan pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Padang Panjang mengabulkan permohonan dispensasi nikah pasangan nikah sirri di bawah umur. Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris yang bersifat kualitatif, yaitu penelitian yang mengkaji penerapan hukum normatif dalam sosial masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, alasan pasangan nikah sirri di bawah umur mengajukan permohonan dispensasi nikah bukan mengajukan permohonan itsbat nikah adalah karena kurangnya pengetahuan terhadap aturan hukum yang berlaku. Kedua, alasan Pengadilan Agama Padang Panjang menerima permohonan dispensasi nikah pasangan nikah sirri di bawah umur adalah karena pasangan nikah sirri di bawah umur tersebut hanya bisa mengajukan permohonan dispensasi nikah dan tidak dapat mengajukan permohonan itsbat nikah disebabkan adanya aturan penolakan itsbat nikah di bawah umur dalam buku Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi Peradilan Agama yang dikeluarkan oleh Ditjen Badilag Mahkamah Agung. Ketiga, Pertimbangan Hakim Pengadilan Agama Padang Panjang mengabulkan permohonan dispensasi nikah pasangan nikah sirri di bawah umur didasarkan pada kemaslahatan dan kemudharatan bagi pasangan nikah sirri di bawah umur tersebut dan anak yang akan dilahirkan berikutnya. Kata kunci: Dispensasi nikah, itsbat nikah di bawah umur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dispensasi nikah, itsbat nikah di bawah umur
Subjects: U Umum (General) > Hukum
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:24
Last Modified: 27 Mar 2024 05:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19354

Actions (login required)

View Item View Item