Analisis Model Matematika Kasus Stunting dengan Intervensi Gizi

Laura, Athisa Ratu (2024) Analisis Model Matematika Kasus Stunting dengan Intervensi Gizi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III (2).pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text (Fulltext SKRIPSI)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis model matematika kasus stunting dengan intervensi gizi. Total populasi dibagi menjadi lima kelompok yaitu Susceptible Toddler (S_b) yaitu kelompok individu balita yang rentan terkena stunting, Infected Toddler (I_b) yaitu kelompok individu balita yang mengidap stunting, Recovered Toddler (R_b) yaitu kelompok individu balita yang kebal stunting, Susceptible Babysitter (S_p) yaitu kelompok individu pengasuh balita yang rentan kehilangan kemampuan intervensi gizi, Infected Babysitter (I_p) yaitu kelompok individu pengasuh balita tanpa kemampuan intervensi gizi. Adapun langkah dalam melakukan analisis model kasus stunting ini adalah menentukan titik kesetimbangan dan kestabilannya, bilangan reproduksi dasar, analisis sensitivitas beserta interpretasinya. Berdasarkan hasil analisis model kasus stunting dengan intervensi gizi diperoleh dua titik kesetimbangan yaitu titik kesetimbangan bebas penyakit dan titik kesetimbangan endemik serta bilangan reproduksi dasar (R_0) yaitu √(Λαωθ/(μ_b (γ+μ_p )(βθ+μ_b μ_p ) )). Berdasarkan hasil analisis sensitivitas dapat disimpulkan bahwa semakin cepat hilangnya kemampuan intervensi gizi pengasuh dan semakin besar laju perpindahan populasi S_b ke I_b, maka R_0 akan meningkat atau jumlah kelompok individu Infected akan menuju endemik dalam populasi. Sebaliknya jika intervensi gizi diperkuat sehingga nilai parameter α menurun dan nilai parameter ω juga menurun, maka R_0 akan menurun atau kasus stunting akan berkurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Stunting, model matematika, titik kesetimbangan, formula vieta, bilangan reproduksi dasar dan analisis sensitivitas.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Matematika
Depositing User: Ruang Baca FST
Date Deposited: 27 Mar 2024 05:01
Last Modified: 27 Mar 2024 05:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19351

Actions (login required)

View Item View Item