Penerapan Metode AHP Sebagai Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa PPA Berbasis Web (Studi Kasus : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang)

Saputra, Riyan Duwi (2024) Penerapan Metode AHP Sebagai Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa PPA Berbasis Web (Studi Kasus : Fakultas Sains dan Teknologi UIN Imam Bonjol Padang). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Riyan Duwi Saputra NIM 1917020011 Cover Sampai Daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
Riyan Duwi Saputra NIM 1917020011 BAB I.pdf - Published Version

Download (697kB)
[img] Text (Bab III)
Riyan Duwi Saputra NIM 1917020011 BAB III.pdf - Published Version

Download (950kB)
[img] Text (Bab V)
Riyan Duwi Saputra NIM 1917020011 BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (888kB)
[img] Text (Full Text)
Riyan Duwi Saputra NIM 1917020011 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Beasiswa atau program bantuan dana yang berasal dari pemerintah, perusahaan maupun perguruan tinggi sangat membantu siswa atau mahasiswa bagi yang membutuhkan. Pada setiap tahunya terdapat banyak mahasiswa yang mendaftar untuk mendapatkan bantuan beasiswa dan tentu saja pihak universitas harus melakukan verifikasi atau penyeleksian untuk menentukan siapa yang berhak dalam mendapatkan bantuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pembobotan serta hasil perankingan pada setiap kriteria dan dapat mengurangi terjadinya kesalahan saat penyeleksian beasiswa sehingga memperoleh hasil yang diharapkan oleh para penyeleksi beasiswa. Metode yang digunakan adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh prioritas kriteria dalam penilaian terhadap pemilihan beasiswa, dimana Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik dan Berkelakuan Baik menjadi tolak ukur dalam melakukan pemilihan beasiswa, serta terciptanya sebuah sistem pendukung keputusan yang akan memberikan output (keluaran) berupa urutan dari penerima beasiswa PPA yang direkomendasikan mulai dari nilai tertinggi hingga terendah dalam bentuk perankingan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Beasiswa, AHP, Mahasiswa
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Sistem Informasi
Depositing User: Ruang Baca FST
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:58
Last Modified: 27 Mar 2024 05:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19329

Actions (login required)

View Item View Item