Analisis Peran Tungku Tigo Sajarangan dalam Tradisi Badikia di Nagari Tandikek Selatan Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman

Nessa Thaibatul, Nessa (2024) Analisis Peran Tungku Tigo Sajarangan dalam Tradisi Badikia di Nagari Tandikek Selatan Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover sampai Daftar Isi)
Cover sampai Daftar Isi Thaibatul Nessa.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Thaibatul Nessa.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 Thaibatul Nessa.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB 5 dan Daftar Pustaka Thaibatul Nessa.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Thaibatul Nessa (Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa badikia bukan hanya persolan agama tetapi juga urusan adat dan politik lokal. Sehingga tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk mengetahui bagaimana keterlibatan alim ulama dalam tradisi badikia. Kedua untuk mengetahui bagaimana keterlibatan ninik mamak dalam tradisi badikia. Ketiga untuk megetahui bagaimana keterlibatan cadiak pandai dalam tradisi badikia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi karena membahas tentang kebudayaan yang meliputi bagaimana ketelibatan alim ulama, ninik mamak dan cadiak pandai sebagai unsur temuan budaya melalui wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Setelah dikumpulkan, maka dianlisis menggunakan analisis Miles dan Hubeman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama keterlibatan alim ulama di dalam tradisi badikia terdapat menjadi tiga tahapan, tahap persiapan alim ulama mempersiapkan kitab pedoman badikia, tahap pelaksanaan peran alim ulama mengawali dengan membaca Al-Fatihah, dikia pertama dan rawi pertama, selain itu peranan alim ulama memperbaiki dan meluruskan bacaan-bacaan dari pandai dikia. Tahap penutup alim ulama berperan menutup dengan membaca doa maulid nabi. Kedua keterlibatan ninik mamak di dalam tradisi badikia, tahap persiapan ninik mamak ikut serta musyawarah dan menyetujui hasil dari kapan dilaksanakan tradisi badikia, ditahap pelaksanaan peranan ninik mamak mengumpulkan uang sedekah yang akan diberikan nantinya kepada alim ulama, pandai dikia dan labai. Tahap penutup ninik mamak hanya ikut serta makan bersama dengan masyarakat yang hadir pada pelaksanaan badikia. Ketiga keterlibatan cadiak pandai dalam tradisi badikia, dalam tahap persiapan cadiak pandai berperan menyampaikan informasi kepada masyarakat kapan dilaksanakan badikia khusunya kepada ibu-ibu untuk membawa makanan bajamba di malam hari, dan nasi bajamba di pagi hari, tahap pelaksanaan keterlibatan cadiak pandai hanya ikut berpartisipasi pada saat pelaksanaan badikia berlangsung, dan menyalami masyarakat yang berdatangan terkhususnya masyarakat yang laki-laki. Ditahap penutup cadiak pandai juga ikut serta makan bersama dengan masyarakat yang hadir dalam pelaksanaan tradisi badikia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi Badikia, Tungku Tigo Sajarangan, Peran
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 28 Mar 2024 01:28
Last Modified: 28 Mar 2024 01:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19328

Actions (login required)

View Item View Item