Penerapan Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Esteem Peserta Didik Kelas VIII MtSN 9 Padang Pariaman

Lubis, Nadia Ilmi (2024) Penerapan Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Self Esteem Peserta Didik Kelas VIII MtSN 9 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
cover-daftarisi nadia.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (SKRIPSI NADIA FULL TEXT)
SKRIPSI NADIA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan koneksi matematis dan self-esteem peserta didik MTsN 9 Padang Pariaman yang mengakibatkan nilai Penilaian Harian peserta didik banyak yang tidak mencapai KKM. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP). Penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) agar kemampuan koneksi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih tinggi daripada kemampuan koneksi matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction di kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman. (2) mengetahui self-esteem peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) di kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dalam bentuk quasy eksperiment dan rancangannya randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik random sampling digunakan untuk mendapatkan sampel, sehingga sampel yang terpilih dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi dan angket Self-Esteem. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematis peserta didik yaitu kelas eksperimen 84,17 dan kelas kontrol 74,13. Setelah itu, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0.05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh ttabel = 1.67 dan thitung = 2,70 sehingga thitung > ttabel (2,70 > 1.67). Dengan demikian H_0 ditolak dan H_1diterima. Artinya kemampuan koneksi matematis peserta didik dengan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih tinggi dari pada model pembelajaran biasa di kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman. Hasil pengolahan angket self-esteem diperoleh derajat pencapaian 83,25% dengan kriteria baik. Jadi dapat disimpulkan: (1) penerapan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dapat meningkatkan kamampuan koneksi matematis perserta didik, (2) self-esteem peserta didik kelas VIII MTsN 9 Padang Pariaman menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Connected Mathematics Project (CMP), Kemampuan Koneksi dan Self-Esteem
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:50
Last Modified: 27 Mar 2024 06:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19317

Actions (login required)

View Item View Item