Pengembangan Media Interaktif Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengatasi Kesulitan Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV SD/MI

Heryani, Heryani (2024) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mengatasi Kesulitan Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Heryani NIM 2014070127 Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Heryani NIM. 2014070127 BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB III)
Heryani NIM. 2014070127 BAB III..pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Heryani NIM. 2014070127 BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (File Full Text)
Heryani NIM.2014070127 File Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar IPAS yang dialami peserta didik. hal ini ditandai kurangnya perhatian dan konsentrasi peserta didik pada proses pembelajaran dan masih belum banyak tersedia media pembelajaran yang berbasis digital. Jika kesulitan belajar ini dibiarkan akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Upaya untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut peneliti mengembangakan media interaktif berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk mengatasi kesulitan belajar IPAS peserta didik di kelas IV khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinian, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi dan angket praktikalitas. Uji validasi media interaktif diberikan kepada 4 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, materi, media dan validator instrumen. Uji praktikalitas diberikan kepada 3 orang pendidik dan 71 orang peserta didik di MIN 2 Pasaman Barat. Hasil penelitian menunjukkan media interaktif valid dan praktis dalam mengatasi kesulitan belajar pada pemebelajaran IPAS. Media interaktif dinyatakan valid dari segi bahasa, materi dan media diperoleh dari rata-rata 93,3% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media interaktif oleh pendidik dan peserta didik diperoleh rata-rata 94% oleh pendidik dengan kategori Sangat praktis dan 89,4% oleh peserta didik dengan kategori Sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis pembelajaran berdiferensiasi untuk mengatasi kesulitan belajar pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD/MI dikategorikan sangat valid dan sangat praktis serta dapat mengatasai kesulitan belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, pembelajaran berdiferensiasi, kesulitan belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:54
Last Modified: 27 Mar 2024 02:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19316

Actions (login required)

View Item View Item