Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengolahan Ikan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai

A.D, Auliya Pratama (2024) Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengolahan Ikan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover Sampai Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (700kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi Desa Sioban dengan ikan yang berlimpah dapat dimanfaatkan secara baik, namun masyarakat tidak memiliki kemampuan lebih atau kurang pelatihan perihal pengolahan ikan sehingga tidak mampu meningkatkan perekonomian mereka, maka dari itu di Desa harus ada penguatan untuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut ditetapkan batasan penelitian yaitu (1) Bagaimana proses penguatan ekonomi masyarakat melalui pengolahan ikan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai?, (2) Bagaimana dampak penguatan ekonomi masyarakat melalui pengolahan ikan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penguatan ekonomi masyarakat melalui pengolahan ikan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, untuk mengetahui bagaimana dampak penguatan ekonomi dalam pengolahan ikan di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan ABCD. Informan dalam penelitian ini adalah ketua kelompok UMKM dan masyarakat. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, langkah dalam pengolahan data yang dilakukan yaitu, pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, langkah dalam pengolahan data yang dilakukan yaitu, pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat dilihat dari tahapan penguatan ekonomi yaitu; pertama, Mengadakan pelatihan usaha dengan mendatangkan atau instruktur dari pihak pemerintah desa dan bekerjasama dengan dinas perikanan. Kedua bantuan permodalan dalam bentuk uang belum pernah diberikan kepada masyarakat pemilik usaha. Masyarakat mendapatkan modal jika bekerjasama dengan berbagai lembaga keuangan. Ketiga mengada pendampingan Dinas perikanan telah memberikan sosialisasi dan pembinaan mengenai olahan ikan yang disampaikan kepada masyarakat dengan bekerjasama dari pihak desa namun masih belum maksimal. Dampak inovasi pengolahan ikan telah memberikan perubahan yang lebih baik dalam membantu perekonomian masyarakat desa di Desa Sioban, hal ini dibuktikan dengan adanya masyarakat yang memiliki sentral usaha pengolahan ikan di desa Sioban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguatan, ekonomi, pengolahan, ikan
Subjects: Agama Islam
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:02
Last Modified: 27 Mar 2024 05:00
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/19303

Actions (login required)

View Item View Item